Penerapan model pembelajaran learning cycle Untuk meningkatkan keterampilan proses sains Subtema 2 pembelajaran 1 pada siswa kelas III MI al - Fithrah surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Yumna Hanin Rohadatun (2019) Penerapan model pembelajaran learning cycle Untuk meningkatkan keterampilan proses sains Subtema 2 pembelajaran 1 pada siswa kelas III MI al - Fithrah surabaya. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Yumna Hanin Rohadatun Nisa_D97215116.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya keterampilan proses sains subtema 2 pembelajaran 1 pada siswa kelas III MI Al-Fithrah Surabaya melatarbelakangi penelitian ini. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas didapatkan informasi bahwa model pembelajaran yang digunakan selama ini kurang variatif, sehingga peneliti melakukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran Learning Cycle dalam meningkatkan keterampilan proses sains subtema 2 pembelajaran 1 pada siswa kelas III MI Al - Fithrah Surabaya. 2) peningkatan keterampilan proses sains subtema 2 pembelajaran 1 dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle pada siswa kelas III MI Al - Fithrah Surabaya. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin dilaksanakan sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-B MI Al-Fithrah Surabaya. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, rubrik penilaian unjuk kerja dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar aktivitas guru dan siswa, pedoman wawancara, rubrik penilaian unjuk kerja serta butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan model pembelajaran Learning Cycle berjalan ptimal, dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 78,4 (cukup), meningkat sebesar 94,8 (sangat baik) pada siklus II. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 78,3 (cukup), meningkat sebesar 91 (sangat baik) pada siklus II. 2) keterampilan proses sains menggunakan model pembelajaran Learning Cycle mengalami peningkatan pada pra siklus memperoleh ketuntasan 37,9% (sangat kurang). Siklus I memperoleh ketuntasan 58,6% (kurang). Siklus II memperoleh ketuntasan 82,8% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Yumna Hanin Rohadatunyumnahrn@gmail.comD97215116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwe@rocketmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Learning Cycle: Ketrampilan Proses Sains: Subtema 2 Pembelajaran 1
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nisa Yumna Hanin Rohadatun
Date Deposited: 02 Aug 2019 08:43
Last Modified: 02 Aug 2019 08:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33124

Actions (login required)

View Item View Item