Fenomena Swafoto di kalangan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya perspektif Psikoanalisis Sigmund Freud dan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dikrul Amin, Mochammad Bagus (2019) Fenomena Swafoto di kalangan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya perspektif Psikoanalisis Sigmund Freud dan Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Bagus Dikrul Amin_E91215032.pdf

Download (1MB)

Abstract

Swafoto merupakan wujud dari sebuah citra kemajuan teknologi zaman saat ini, yang sudah sangat familiar khususnya bagi para remaja zaman milenial. Begitu juga dengan Mahasiswa UIN Sunan Ampel yang selalu melibatkan swafoto ketika mereka berada dalam suatu moment. Tulisan ini mendeskripsikan struktur kepribadian Mahasiswa dalam berswafoto. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan psikologis dengan perspektif teori psikoanalisis Sigmund Freud dan menurut Islam dalam pandangan al-Ghazali mengenai konsep Riya’, ‘Ujub. Sumber data penelitian ini adalah melalui wawancara kepada mahasiswa UINSA pengemar swafoto. Data diperoleh dengan teknik observasi di lapangan dan dokumentasi melalui tangkapan layar sebuah foto di akun media sosial informan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Keabsahan data penelitian ini adalah validitas semantis dan dikonsultasikan kepada pada ahlinya. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Struktur kepribadian Mahasiswa terdiri dari Id, Ego, dan Superego. Id merupakan hal paling dasar yang mempengaruhi Mahasiswa untuk mengejar kepuasannya saat berada dalam suatu moment dan hidup dalam dunia, ego meredakan kecemasan-kecemasan dalam diri Mahasiswa dan superego mengendalikan sikap-sikap moral Mahasiswa. Dalam Islam menurut konsep al Ghazali, Riya’ dan ‘Ujub sebagai konsep pembanding teori pertama, bahwa mahasiswa dalam melakukan swafoto ada indikasi mereka ingin pamer dan mempelihatkan kesan dalam diri mereka yang diekpresikan melalui swafoto dan diposting dalam media sosial Instagram dan Whatsapp dengan maksud ingin memperoleh respon dari netizen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dikrul Amin, Mochammad Bagusbagusuje73@gmail.comE91215032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorRofhani, RofhaniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorTasmuji, TasmujiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Swafoto; Psikoanalisis; Islam; Media Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Agama
Depositing User: Amin Mochammad Bagus Dikrul
Date Deposited: 08 Aug 2019 06:29
Last Modified: 08 Aug 2019 06:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33112

Actions (login required)

View Item View Item