Pergolakan Politik Umat Islam Pada Masa Khalifah Ali Bin Abi Thalib ( 35 H – 40 H / 645 M – 661 M )

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikri, M Ali (2019) Pergolakan Politik Umat Islam Pada Masa Khalifah Ali Bin Abi Thalib ( 35 H – 40 H / 645 M – 661 M ). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
M. Ali Fikri_A02215008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang ditulis dengan judul “Pergolakan Politik Khalifah Ali bin Abi Thalib (35 H – 40 H / 645 M – 661 M)”. Berfokus pada titik permasalahan : 1. Bagaimana Perjalanan Hidup Khalifah Ali bin Abi Thalib? 2. Bagaimana Proses Pembaiatan Ali bin Abi Thalib sebagai Khalifah? 3. Bagaimana pergolakan politik yang terjadi pada masa Khalifah Ali bin Abi Thalib?. dengan titik fokus pada permasalahan ini akan menemukan apa yang menyebabkan perpecahan dan juga peperangan sesama umat Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah: Heuristik (Pengumpulan Data), verifikasi (Kritik Sumber, ekstern dan intern), Interpretasi (Penafsiran), Historiografi (Penulisan Sejarah). Skripsi ini di teliti menggunakan kajian literasi dengan pendekatan Historis dan Politik. Penulis meminjam teori dari Jonathan Turner yaitu teori konflik. Teori ini berangkat dari asumsi bahwa pemusatan perhatian pada konflik sebagai peristiwa-peristiwa yang mengarah pada interaksi yang disertai kekerasan antara dua pihak atau lebih. Sehingga terjadi ketegangan hebat yang menyebabkan mereka mencari jalan pintas dengan menebarkan fitnah untuk mengorganisir diri guna melawan pemerintahan yang sah. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) Ali bin Abi Thalib dilahirkan di Mekkah jum’at 13 Rajab 600 Masehi, Sejak kecil Ali bin Abi Thalib diasuh oleh Nabi Muhammad. Kepribadian yang ada pada diri Rasulullah terpantulkan pada diri Ali. Seiring kedekatakan yang terjalin antara Ali dan Rasulullah. Ali tumbuh dan berkembang di dalam rumah Islam, dia tahu segala rahasia-rahasia Islam semenjak usia dini dalam kehidupannya. (2) Pembaiatan Ali bin Abi Thalib dilakukan mayoritas sahabat, Ali sudah menyadari bahwa menerima pembai’atan umat Islam pasti akan mengahadapi berbagai macam tantangan dan kesulitan. (3) pergolakan politik terjadi pada saat masa trakhir dari kekhalifahan Utsman. Sehingga kaum Sabaiyah melontarkan api fitnah yang menyebabkan terbunuhnya Khalifah Utsman. Peperangan sesama kaum muslimin dan terbukanya pintu fitnah dari zaman khalifah Utsman sampai zaman khalifah Ali bin Abi Thalib yang melahirkan dua perang besar diantara sesama kaum muslimin yakni perang Jamal, perang Shiffin serta munculnya kelompok-kelompok baru dalam Islam seperti Khawarij dan Syiah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikri, M AliAlifikri7295@gmail.comA02215008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSukarma, Sukarmafahmy_abdoeh@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Politik > Politik Islam
Sejarah Peradaban Islam
Uncontrolled Keywords: Pergolakan Politik Islam; Politik Khalifah Ali Bin Abi Thalib
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fikri M. Ali
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:23
Last Modified: 07 Aug 2019 02:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33111

Actions (login required)

View Item View Item