Peningkatan keterampilan melipat melalui metode demonstrasi di kelompok A TK TAPAS Ar-Rahman Semampir Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Alfi Nur (2019) Peningkatan keterampilan melipat melalui metode demonstrasi di kelompok A TK TAPAS Ar-Rahman Semampir Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfi Nur Jannah_D98215016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya guru mengajarkan pembelajaran melipat menggunakan metode yang dinilai kurang tepat, sehingga anak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas yang berhubungan dengan penguasaan koordinasi mata dan tangan menghasilkan suatu bentuk lipatan. Sementara itu, kegiatan melipat untuk anak prasekolah menjadi hal yang sangat penting untuk diajarkan. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan metode pembelajaran yang efektif. Metode demonstrasi sebagai salah satu metode yang efektif, karena guru mengajak anak untuk ikut serta melakukan apa yang sedang diajarkan, sehingga dengan adanya penerapan metode demonstrasi diharapkan dapat meningkatkan penguasaan keterampilan melipat. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah: (1) bagaimana penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan keterampilan melipat di kelompok A TK Tapas Ar-Rahman Semampir Sedati Sidoarjo, (2) bagaimana peningkatan keterampilan melipat melalui metode demonstrasi di kelompok A TK Tapas Ar-Rahman Semampir Sedati Sidoarjo. Penelitian dibangun dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian menggunakan metode demonstrasi, dimana proses pembelajarannya dilakukan dengan langkah-langkah mengajarkan melipat kertas secara bertahap, sehingga anak lebih mudah untuk memahami dan mempelajari, karena anak ikut serta menirukan dan melakukan apa yang telah diajarkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan melipat sebelum dan sesudah dilakukan tindakan mengalami peningkatan yang signifikan. Pada pra tindakan memperoleh persentase sebesar 27,8%, siklus I memperoleh persentase sebesar 66,7%, dan siklus II memperoleh persentase sebesar 77,8%. Perolehan siklus II membuktikan bahwa capaian indikator keberhasilan mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan melipat kertas melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan pengembangan motorik halus dalam kegiatan melipat pada anak kelompok A TK Tapas Ar-Rahman Semampir Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Alfi Nuralfinurjannah97@gmail.comD98215016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Melipat; Motorik Halus: Metode Demonstrasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Jannah Alfi Nur
Date Deposited: 02 Aug 2019 07:48
Last Modified: 02 Aug 2019 07:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33085

Actions (login required)

View Item View Item