Makna Ulama Perspektif Mufasir Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammad, Syahfrudin Amsyah (2019) Makna Ulama Perspektif Mufasir Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syahfrudin Amsyah Muhammad_E03215048.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini menggali keberadaan ulama yang sangat penting dikalangan masyarakat, karena ulama sebagai al-‘ulama’ warasatu al-anbiya’ (pewaris para nabi), namun terdapat penyempitan makna ulama di Indonesia. Dalam bahasa Arab ‘ulama adalah jamak dari kata ‘alim yang artinya orang yang berilmu, jika di dalam bahasa Indonesia diartikan orang yang ahli dalam bidang agama. Lalu, terdapat golongan yang melabelkan nama ulama untuk kepentingan politis, golongan, dan lain sebagainya. Dengan adanya tersebut, tentu sangat melenceng dari nilai-nilai keislaman dan sebagai pewaris nabi yang seharusnya mengutamakan kemaslahatan umat. Oleh karena itu, penelitian ini dibatasi oleh beberapa mufasir Indonesia terhadap makna ulama yakni Hasbi karya Ash-Shiddieqiy, Ahmad Hassan, Bishri Musthafa, Buya Hamka, dan Quraish Shihab.Adapun metode yang digunakan dalam penelitian, meliputi penelitian kepustakaan (library research) yakni penelitian yang menggunakan buku-buku sebagai sumber data (primer dan sekunder) dan menggunakan metode penelitian Alquran yakni muqa>ran (komparasi). Maksud dari penulis ialah memaparkan dan menggambarkan data sesuai dengan tema pembahasan, kemudian penulis manganalisis isi data tersebut dengan menggunakan komparasi hasil penafsiran mufassir Indonesia terhadap makna ulama.Setelah melakukan penelitian ini, maka diperoleh kesimpulan bahwa makna ulama perspektif mufassir Indonesia adalah Pertama, orang yang berilmu dalam bidang apapun dan dengan keilmuaan tersebut menghantarkan pada ketakutan kepada Allah. Lalu, dengan ilmu yang dimiliki oleh ulama, harus mengutamakan nilai kebijaksanaan dan kemaslahatan. Kedua, karena ulama sebagai pewaris Nabi yang mempunyai tugas menyampaikan risalah Tuhan, menjelaskan isi kandungan ayat sesuai ajaran Tuhan, menyelesaikan perselisihan yang terjadi di antara umat, dan menjadi suri tauladan Nabi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhammad, Syahfrudin Amsyahirulndol@gmail.comE03215048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIffah, Iffahivamuzammil@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Thesis advisorPurwanto, Purwantojalamakna@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ulama
Keywords: Ulama; Mufasir Indonesia.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Syahfrudin Amsyah
Date Deposited: 07 Aug 2019 01:24
Last Modified: 07 Aug 2019 01:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33084

Actions (login required)

View Item View Item