أشكال الأخطاء في تعليم مهارة الكتابة وعلاجها لطلّاب الفصل العاشر بمدرسة منبع الحكم الأوّل الثّانوية الإسلامية لوماجانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustikasari, Dewi (2019) أشكال الأخطاء في تعليم مهارة الكتابة وعلاجها لطلّاب الفصل العاشر بمدرسة منبع الحكم الأوّل الثّانوية الإسلامية لوماجانج. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Mustikasari_D72215030.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan Bahasa Asing di Indonesia, bukan bahasa sehari-hari mereka, dan bukan pula bahasa ibu. Oleh karena itu, para pembelajar Bahasa Arab kerap merasakan kesulitan ketika mempelajari bahasa tersebut. Seperti halnya yang dialami oleh siswa kelas X MA Mamba’ul Hikam 01 Lumajang, mereka kesulitan dalam menyesuaikan karangannya dengan kaidah-kaidah Bahasa Arab seperti nahwu dan shorof. Dengan adanya kesulitan tesebut, muncul beberapa kesalahan dalam berbahasa khususnya dalam maharoh kitabah. Sehingga peneliti ingin menganalisis kesalahan yang terdapat dalam karangan siswa kelas X MA Mamba’ul Hikam 01 Lumajang dari segi Nahwu dan Shorof. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan dari segi Nahwu dan Shorof yang terdapat dalam karangan siswa kelas X Mamba’ul Hikam 01Lumajang. (2) untuk mengetahui sebab-sebab terjadinya kesalahan tersebut. (3) untuk mengetahui solusi atas kesalahan-kesalahan tersebut. Untuk menjawab permasalahan tersebut, metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif deskriptif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X MA Mamba’ul Hikam Lumajang yang berjumlah 18 siswa. Adapun hasil dari penelitian ini adalah kesalahan Nahwu dan Shorof yang paling banyak terjadi dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa yaitu pemilihan isim jamid dan musytaq. Sebab-sebab kesalahannya adalah inteferensi bahasa, ketinggian dalam generalisasi, ketidaktahuan akan kaidah Bahasa Arab dan batasannya, penerapan kaidah yang kurang lengkap, dan asumsi yang salah. Dan solusi untuk meminimalisir kesalahan tersebut, peneliti menyarankan kepada guru agar menggunakan teori Herbart dalam pembelajaran Bahasa Arab, karena setelah peneliti menganalisis keadaan pembelajaran di kelas dengan menggunakan teori Herbart, nampaknya teori tersebut akan mendukung dan menambah pemahaman siswa dalam belajar Bahasa Arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustikasari, Dewidewimustikasari2567@gmail.comD72215030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSholehan, Sholehansholehan_tarbiyah@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorSyarifah, Ainunainunsyarifah@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Menulis
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Bentuk-bentuk kesalahan; keterampilan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mustikasari Dewi
Date Deposited: 05 Aug 2019 07:57
Last Modified: 05 Aug 2019 07:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33060

Actions (login required)

View Item View Item