Analisis Pengelolaan Dan Pemanfaatan Dana Infaq Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya Untuk Pemberdayaan Ekonomi Umat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afandi, Fitri Nurul Azizah (2019) Analisis Pengelolaan Dan Pemanfaatan Dana Infaq Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya Untuk Pemberdayaan Ekonomi Umat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Nurul Azizah Afandi_G74215065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Pengelolaan dan Pemanfaatan Dana Infaq Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya untuk Pemberdayaan Ekonomi Umat” merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pengelolaan dana infaq yang dilakukan oleh manajemen Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya serta untuk mengetahui pemanfaatan dana infaq tersebut untuk digunakan sebagai pemberdayaan ekonomi umat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Data penelitian yang dikumpulkan berkaitan dengan dokumen laporan keuangan masjid, jumlah dana infaq masjid, sumber pendapatan masjid, serta proses pengelolaan dan pemanfaatan dana infaq. Data diperoleh langsung dari objek atau sumber utama melalui wawancara kepada pegawai Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan dana infaq dilakukan dengan beberapa tahap yakni penghimpunan, pengelolaan, pendistribusian, pencatatan dana, dan evaluasi kinerja. Sedangkan pemanfaatan dana infaq dibagikan kepada direktorat masjid untuk pelaksaan setiap program masjid. Pemberdayaan ekonomi telah dilakukan manajemen masjid dengan memberikan dana sebagai modal usaha yang berasal dari dana zakat maal. Pemanfaatan dana infaq untuk pemberdayaan ekonomi tidak dilakukan secara khusus namun hanya untuk membantu saat danazakat maal masjid mengalami kekurangan. Pemberdayaan ekonomi juga diberikan berupa pendidikan dan pelatihan yang dapat menjadi modal usaha berbentuk softskill (keahlian) sebagai bentuk pelaksanaan program masjid dengan menggunakan dana infaq masjid. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan kepada manajemen Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya dalam hal pelaporan perolehan serta pengelolaan dana infaq masjid dapat lebih transprant lagi dengan mengumumkan seluruh perolehan dana kepada seluruh jamaah melalui papan informasi masjid tidak hanyadiberikan kepada pihak tertentu saja agar tidak menimbulkan pemikiran negatif dan dapat menimbulkan kepercayaan dari jamaah terhadap manajemen pengelolaan masjid. Sehingga nantinya dapat lebih meningkatkan ketertarikan jamaah untuk berinfaq di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afandi, Fitri Nurul Azizahfnazizah59@gmail.comG74215065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorYudha, Ana TonI Roby Candraanatoniroby@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Masjid
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan: Pemanfaatan: Dana Infaq: Pemberdayaan Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Afandi Fitri Nurul Azizah
Date Deposited: 01 Aug 2019 05:06
Last Modified: 01 Aug 2019 05:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33053

Actions (login required)

View Item View Item