Analisis Maslahah Mursalah terhadap perjodohan melalui media sosial: studi kasus di Desa Menganto Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriana, Anggun (2019) Analisis Maslahah Mursalah terhadap perjodohan melalui media sosial: studi kasus di Desa Menganto Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggun Fitriana_C91215103.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Maslahah Mursalah Terhadap Perjodohan Melalui Media Sosial Studi Kasus Di Desa Menganto Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang” bertujuan untuk menjawab pertanyataan tentang bagaimana proses perjodohan melalui media sosial di Desa Menganto Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang dan bagaimana analisis maslahah mursalah terhadap proses perjodohan melalui media sosial di Desa Menganto Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) di Desa Menganto Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang yang data penelitiannya dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentsi kemudian dianalisis oleh penulis dengan menggunakan teori maslahah mursalah. Penelitian menyimpulkan bahwa proses perjodohan melalui media sosial di Desa Menganto Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang berawal dari akun media sosial facebook. Foto profil yang menarik perhatian membuat pelaku pria memgirimkan pesan saapan. Pesan tersebut ada yang langsung direspon dan ada yang tidak. Setelah adanya interaksi di facebook akhirnya berlanjut di whatsapp kemudian terjadinya khitbah hingga perkawinan. Perjodohan melalui media sosial di Desa Menganto sebagian sudah sesuai dengan maslahah mursalah yaitu jika perjodohan tersebut dilakukan sesuai dengan tahap-tahap dan prinsip perjodohan menurut Islam. Akan tetapi, beberapa diantaranya dilakukan tidak dengan tahapan-tahapan dan prinsip Islam serta menimbulkan banyak mafsadah sehingga tidak sesui dengan maslahah mursalah. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka pihak yang berkaitan disarankan terutama orang tua orang tua agar senatiasa memperhatikan anak-anaknya, tetap memberikan nasihat dan jangan takut dengan keluhan anak selain itu pelaku perjodohan hendaknya lebih bijak juga senantiasa berhati-hati dalam memilih pasangan serta melakukan tindak lanjut seperti bercerita, bermusyawarah dengan orang tua ketika memutuskan untuk bertemu dengan calon pasangan yang berkenalan melaui media sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriana, Anggunanggunfitriana802@gmail.comC91215103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorRohman, Holilurelrahman10@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Uncontrolled Keywords: Maslahah Mursalah; perjodohan; media sosial
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Fitriana Anggun
Date Deposited: 01 Aug 2019 05:20
Last Modified: 01 Aug 2019 05:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33046

Actions (login required)

View Item View Item