Penanaman nilai-nilai anti korupsi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pademawu Barat 1 Kec. Pademawu Kab. Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sucipto, Moh. Imam (2019) Penanaman nilai-nilai anti korupsi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pademawu Barat 1 Kec. Pademawu Kab. Pamekasan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
MOH IMAM SUCIPTO_F02317087.pdf

Download (2MB)

Abstract

Anti korupsi adalah suatu sikap dan perilaku untuk tidak mendukung adanya upaya untuk merugikan keuangan negara, dengan kata lain anti korupsi merupakan sikap menentang terhadap adanya korupsi, dan pembelajaran PAI suatu upaya membuat peserta didik dapat belajar, butuh belajar, terdorong belajar, mau belajar, dan tertarik untuk terus menerus mempelajari agama Islam. Penelitian ini ada tiga fokus penelitian, pertama apa saja nilai-nilai anti korupsi di SD Negeri pademawu barat 1?, Kedua, Bagaimana proses penanaman nilai-nilai anti korupsi di sekolah dasar negeri pademawu barat 1?. Ketiga, Metode apa yang digunakan dalam Penerapan Penanaman Nilai-Nilai Anti Korupsi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Pademawu Barat 01? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tiga metode, yaitu melalui dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang dipakai meliputi; reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1).Nilai-Nilai Anti Korupsi yang di terapkan dalam Pendidikan Agama Islam yaitu tentang a).kejujuran, b).kepedulian, c).kedisplinan, dan d).keserhanaan. 2)Proses dalam Penanaman Nilai-Nilai Anti Korupsi yaitu a).Berdoa agar ilmu yang akan dipelajari bisa diserap dengan baik, bertawasul kepada Nabi Muhammad SAW, dan guru-guru yang memberikan ilmu kepada kiata semua b).Memberikan pengantar tentang materi yang akan di terkait dengan nilai-nilai anti korupsi, c).Menyapaikan materi kepada siswa/siswi dengan memberikan banyak contoh yang terkait dengan materi yang disampaikan, d.)Memberikan kesempatan kepada siswa/siswi untuk bertanya kepada saya tenyang materi yang tidak di mengerti, e).Mengevaluasi pembelajaran dengan cara memberikan soal-soal atau pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang di beriakn kepada siswa/siswi. 3).faktor pendukungnya yaitu pertama, danya partisipasi yang tinggi dari masyarakat, siswa dan juga guru yang ikut serta dalam pelaksanaan, kedua, siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran didalam kelas. Faktor pengahambatnya yaitu pertma, pembelajaran sering dilaksanakan didalam kelas sehingga siswa-siswi akan cendrung bosan dan tidak kondusif didalam kelas, kedua, keadaan jasmani sangat mempengaruhi aktivitas belajar didalam kelas, ketiga, kurangnya fasilitas yang ada di SD Negeri Pademawu Barat 1 pamekasan, keempat, kurangnya minat belajar siswa minat belajar siswa yang mana minat belajar merupakan kecenderungan kegairahan yang sangat tinggi terhadap pembelajaran didalam kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sucipto, Moh. Imamimamsucipto@gmail.comF02317087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorFanani, A.Zhazfanus21@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Pendidikan Islam
Korupsi
Uncontrolled Keywords: anti korupsi, pembelajaran PAI,
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sucipto Moh Imam
Date Deposited: 08 Aug 2019 07:37
Last Modified: 08 Aug 2019 07:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33045

Actions (login required)

View Item View Item