Peningkatan keterampilan berhitung melalui model pembelajaran Two Stay Twio Stray pada materi Pecahan siswa Kelas V MI Al Hidayah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhifah, Khilyatun (2019) Peningkatan keterampilan berhitung melalui model pembelajaran Two Stay Twio Stray pada materi Pecahan siswa Kelas V MI Al Hidayah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khilyatun Nadhifah_D97215059.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penulisan penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berhitung siswa kelas V pada mata pelajaran matematika terutama materi pecahan disebabkan karena pembelajaran yang ada di kelas berpusat pada guru sehingga guru menjadi sumber utama proses pembelajaran kemudian guru hanya menerapkan metode ceramah dan diskusi sehingga siswa tidak terlalu tertarik pada pembelajaran matematika terutama pada materi pecahan. Hal ini dibuktikan dengan wawancara guru mata pelajaran matematika bahwa prosentase siswa yang tuntas hanya 17% sedangkan siswa yang tidak tuntas adalah 83%. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran two stay two stray pada pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas V MI Al Hidayah Surabaya?. (2) Bagaimana peningkatan keterampilan berhitung melalui model pembelajaran two stay two stray pada materi pecahan siswa kelas V MI Al Hidayah Surabaya? Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah PTK model Kemmis dan Mc. Taggart dengan 12 peserta didik dan tempat penelitian di MI Al Hidayah Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran dengan empat tahap yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), refleksi (Reflecting). Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi guru dan siswa, penilaian keterampilan berhitung, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran two stay two stray berhasil karena guru menerapkan model ini dengan baik sehingga siswa aktif dalam proses pembelajaran dibuktikan dengan hasil perolehan aktivitas guru pada siklus I dari 83,9 menjadi 87,5 pada siklus II. Untuk aktivitas siswa pada siklus I dari 71,87 menjadi 85,93 dan untuk keterampilan berhitung pada siklus I hanya 66,72 dengan prosentase 25%, kemudian hasil perolehan dari siklus II meningkat dengan skor perolehan 77,24 dengan prosentase 91,67% yang berarti sudah berhasil dan peserta didik yang tuntas sebanyak 11 siswa dari 12 siswa dalam satu kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhifah, Khilyatunkhilyanadhifah@gmail.comD97215059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAlfin, JauharotinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuniati, WahyuniatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Peningkatan; Matematika; Pecahan; Two Stay Two Stray
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadhifah Khilyatun
Date Deposited: 06 Aug 2019 07:01
Last Modified: 06 Aug 2019 07:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33040

Actions (login required)

View Item View Item