Pengaruh model pembelajaran POE dengan strategi Heuristik Krulik dan Rudnick terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraeni, Rikha Dwi (2019) Pengaruh model pembelajaran POE dengan strategi Heuristik Krulik dan Rudnick terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rikha Dwi Anggraeni_D04214021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran POE dengan strategi heuristik Krulik dan Rudnick dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitia ini adalah quasi-experimental dengan desain penelitian pretest-posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negri 2 Gedangan Sidoarjo. Sampel yang diambil adalah peserta didik kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan VIII F sebagai kelas eksperimen yang masing masing kelas terdiri dari 35 peserta didik dan diambil menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode tes secara tertulis berupa pre test dan post test untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran POE dengan strategi heuristik Krulik dan Rudnick dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian dalam pengujian hipotesis (1) bahwa hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) post test kelas kontrol dan post test kelas eksperimen adalah 0,020 < 0,05 dengan taraf signifikansi 5% yang berarti H0 ditolak H diterima sehingga ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah 1 matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran POE dengan strategi heuristik Krulik dan Rudnick dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Perbedaan juga dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil post test kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas kontrol sebesar 70,80 dan kelas eksperimen sebesar 80,46. (2) Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai Asymp. Sig (2tailed) post test kelas control dan post test kelas eksperimen adalah 0,00 <0,05 dengan taraf signifikan 5% yang berarti H0 ditolak H sehingga ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif matematis 1 peserta didik yang menggunakan model pembelajaran POE dengan strategi heuristik Krulik dan Rudnick dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Perbedaan juga dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil post test kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas kontrol sebesar 36,49 dan kelas eksperimen sebesar 58,77.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraeni, Rikha Dwirikhaanggraeni16@gmail.comD04214021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
AuthorSuparto, Supartosuparto69@yahoo.comUNSPECIFIED
AuthorHamdani, Saepul Asepasepsaepulhamdani@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Model Poe; Strategi Heuristik Krulik dan Rudcnik; Kemampuan Pemecahan Masalah; Berpikir Kreatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Anggraeni Rikha Dwi
Date Deposited: 05 Aug 2019 02:49
Last Modified: 05 Aug 2019 02:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33036

Actions (login required)

View Item View Item