Efektivitas metode pembelajaran storytelling pada keterampilan menyimak cerita kelompok b di taman kanak-kanak al-azies Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitroh, Fitrotus sholihah (2019) Efektivitas metode pembelajaran storytelling pada keterampilan menyimak cerita kelompok b di taman kanak-kanak al-azies Surabaya. Undergraduate thesis, UIN sunan ampel surabaya.

[img] Text
Fitrotus Sholihah_D98215053.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan keterampilan menyimak cerita anak dengan menggunakan metode Storytelling (mendongeng). Hal yang melatar belakangi dilakukan penelitian ini ialah cara yang digunakan guru kurang menarik seperti guru terlalu cepat dalam menyampaikan isi cerita, guru tidak menggunakan media saat bercerita sehingga peserta didik kurang memahami isi yang terkandung dalam cerita sehingga pembelajaran terkesan monoton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterampilan menyimak cerita kelompok B di Taman Kanak-Kanak Al-Azies Surabaya, untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran storytelling pada keterampilan menyimak cerita kelompok B di Taman Kanak-Kanak Al-Azies Surabaya, untuk mengetahui bagaimana efektivitas metode pembelajaran Storytelling pada keterampilan menyimak cerita kelompok B di Taman Kanak-Kanak Al-Azies Surabaya. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pre-eksperimental design yaitu eksperimen tidak sebenarnya atau eksperimen pura-pura. Sedangkan desain yang digunakan adalah One Group Pres test-Post test Design. Analisis data menggunakan uji T, Instrument penelitian menggunakan observasi, tes serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menyimak cerita. Penerapan metode pembelajaran Storytelling pada keterampilan menyimak cerita kelompok B di Taman Kanak-Kanak Al-Azies Surabaya berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis data, sebelum melakukan Storytelling guru memilih buku cerita, cerita yang disampaikan guru sesuai dengan usia peserta didik, media yang digunakan juga menunjang dalam kegiatan bercerita. Keterampilan menyimak cerita kelompok B di Taman Kanak-Kanak Al-Azies Surabaya. menunjukkan adanya peningkatan terbukti dengan hasil analisis data menyatakan bahwa, sebanyak 5 peserta didik dikategorikan rendah dan sebanyak 10 peserta didik dikategorikan sedang terakhir sebanyak 7 peserta didik masuk kategori tinggi. Efektivitas metode pembelajaran Storytelling pada keterampilan menyimak cerita anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Al-Azies Surabaya. menunjukkan hasil yang signifikan, Berdasarkan hasil Uji T menunjukkan bahwa T hitung = 0,494 lebih besar dari T tabel = 0,430 dengan signifikansi 0.05%, dengan demikian T hitung lebih besar dari T tabel, maka Hο ditolak sedangkan Hα diterima. Hal ini menunjukkan bahwa metode Storytelling dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak di Taman Kanak-Kanak Al-Azies Surabaya. dengan demikian metode Storytelling efektif pada keterampilan menyimak cerita kelompok B di Taman Kanak-Kanak Al-Azies Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitroh, Fitrotus sholihahFitrotussholihah9@gmail.comD98215053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDFitroh, Fitrotus sholihahFitrotussholihah9@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Efektivitas metode pembelajaran : storytelling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Sholihah Fitrotus
Date Deposited: 02 Aug 2019 07:47
Last Modified: 02 Aug 2019 07:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33010

Actions (login required)

View Item View Item