Manajemen Pendidikan Karakter peserta didik di Madrasah Aliyah Manba'ul Hikam Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Niam, Muhammad Ikromun (2019) Manajemen Pendidikan Karakter peserta didik di Madrasah Aliyah Manba'ul Hikam Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ikromun Niam_D03212023.pdf

Download (14MB)

Abstract

Moral remaja masa kini berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan, maksudnya. kaum remaja mengalami degradasi moral yang terus-menerus dan tampak semakin tidak terkendali. Penurunan kualitas moral generasi penerus bangsa ini terjadi dalam segala aspek, mulai dari tutur kata, cara berpakaian hingga perilaku. Oleh karena itu pendidikan karakter sangat penting untuk ditanamkan. Maka dalam membangun karakter di sekolah kunci utama yang harus dilaksanakan adalah menggunakan manajemen pendidikan karakter yang efektif. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui Manajemen Pendidikan Karakter Peserta Didik di Madrasah Aliyah Manba’ul Hikam Sidoarjo Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pendidikan karakter siswa di Madrasah Aliyah Manba’ul Hikam melalui 3 proses. Pertama, menentukan tujuan pendidikan karakter. Kedua, menyusun program atau kegiatan-kegiatan madrasah. Ketiga, mengembangkan kurikulum dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam semua mata pelajaran, kegiatan-kegiatan yang diprogramkan dan kegiatan ekstrakurikuler. (2) Pengorganisasian pendidikan karakter siswa di Madrasah Aliyah Manba’ul Hikam dilaksanakan berdasarkan dari SK Kepala Madrasah, yaitu dengan mambagi tugas kepada dewan guru dan penanggung jawab kegiatan. (3) Pelaksanaan pendidikan karakter siswa di Madrasah Aliyah Manba’ul Hikam direalisasikan melalui 4 proses. Pertama, pengintegrasian nilai-nilai karakter pada setiap mata pelajaran (proses KBM). Kedua, kegiatan rutin (pembiasaan dan keteladanan). Ketiga kegiatan yang diprogramkan madrasah (kegiatan harian, mingguan, bulanan, tahunan dan kegiatan ekstrakurikuler). Keempat, kerjasama dengan lingkungan (hubungan dengan pondok pesantren). (4) Evaluasi pendidikan karakter siswa di Madrasah Aliyah Manba’ul Hikam melalui evaluasi tertulis (buku jurnal, catatan penskoran, raport) dan evaluasi non tulis (diperngatkan langsung). (5) Sedangkan faktor pendukungnya adalah Berada dalam naungan pesantren, Sarana madrasah yang memadai, Dewan guru yang ramah Ada sosok seorang kiyai yang menjadi panutan. (6) Faktor penghambatnya adalah Kesalahan teknis yang berada di asrama peserta didik, Minimnya pengawas yang berada di pesantren, Minimnya media informasi, Keterbatasan kamar mandi, Ada sebagian kecil guru yang masih belum terbiasa.
Kata kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Niam, Muhammad Ikromunikromun21@gmail.comD03212023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorMustafa, Aliali_mustofa76@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pendidikan Karakter; karakter peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Niam Muhammad Ikromun
Date Deposited: 05 Aug 2019 09:25
Last Modified: 05 Aug 2019 09:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33009

Actions (login required)

View Item View Item