Pengaruh pemanfaatan sarana terhadap efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karim, Anisa Rahmatul (2019) Pengaruh pemanfaatan sarana terhadap efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisa Rahmatul Karim_D93215064.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran siswa tidak luput dari fasilitas penunjang belajar salah satunya sarana prasarana sebagai penunjang keefektivan pembelajaran baik dalam pembelajaran akademik maupun non akademik, yang kesemuanya itu saling berkaitan anatara keefektivan pembelajaran siswa dan pengaruh pemanfaatan sarana di SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Pemanfaatan Sarana di SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo, untuk mengetahui bagaimana pencapaian Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara Pemanfaatan Sarana terhadap pencapaian Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan kuesioner/angket. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 80 responden. Teknik analisis data yakni menggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial dengan regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian teknik analisis data dan statistik deskriptif, pemanfaatan sarana dan prasarana di SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo berada pada kategori sedang. Sedangkan hasil analisis statistic inferensial menunjukkan nilai (thitung) = 2,379 lebih besar daripada nilai (t) yang diperoleh dari tabel distribusi (ttabel) = 1,95, thitung ≥ ttabel = 2,379 ≥ 1,95, hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan sarana belajar terhadap efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Tarik Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karim, Anisa Rahmatulanisarahmatulkarim510@gmail.comD93215064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Sumber Belajar
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Pemanfaatan sarana; Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Karim Anisa Rahmatul
Date Deposited: 05 Aug 2019 03:28
Last Modified: 05 Aug 2019 03:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32984

Actions (login required)

View Item View Item