Efektivitas jurnal reflektif untuk melatih kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novitasari, Nabella Ayu (2019) Efektivitas jurnal reflektif untuk melatih kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabella Ayu Novitasari_ D04212022.pdf

Download (6MB)

Abstract

Jurnal reflektif merupakan kumpulan pernyataan reflektif siswa mengenai materi yang sudah dipahami, kendala yang dihadapi, materi yang perlu dipelajari lebih lanjut, pengalaman belajar dan usaha untuk mencapai tujuan belajar pada pembelajaran Matematika. Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan dasar yang sangat penting untuk dimiliki siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Melalui komunikasi matematis ide-ide matematika dapat dieksplorasi dalam berbagai perspektif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan gambaran terperinci mengenai efektivitas jurnal reflektif untuk melatih kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran matematika. Efektivitas jurnal reflektif dianalisis berdasarakan respon siswa, hasil belajar, dan tingkat kemampuan komunikasi matematis tulis dan lisan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari seluruh siswa dikelas VII-E di SMPN 6 Sidoarjo semester genap tahun ajaran 2018/2019. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket respon siswa, tes hasil belajar, dan wawancara. Teknik analisis data penelitian berdasarkan angket respon siswa, tes hasil belajar, kemudian dipilih 6 subjek penelitian berdasarkan tingkat komunikasi matematisnya, yaitu 2 subjek yang mempunyai kemampuan komunikasi matematis rendah, 2 subjek yang mempunyai kemampuan komunikasi matematis sedang, dan 2 subjek yang mempunyai kemampuan komunikasi matematis tinggi. Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulan penelitian ini adalah (1) respon siswa terhadap jurnal reflektif memproleh rata-rata skor sebesar 3,36 sehingga dapat disimpulkan jurnal reflektif yang digunakan memiliki derajat keefektifan yang baik (2) hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan kelas sebesar 75% dengan ratarat hasil belajar seluruh siswa adalah 78,6 sehingga dapat disimpulkan kriteria keefektifan yang dicapai jurnal reflektif adalah baik (3) Subjek yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tinggi dalam menyelesaikan masalah aljabar nomor 1 dan 2 memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis tingkat 5 dan kemampuan komunikasi matematis lisan menempati tingkat 5. Subjek yang memiliki kemampuan komunikasi matematis sedang dalam menyelesaikan masalah aljabar nomor 1 dan 2 memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis tingkat 4 dan dan kemampuan komunikasi matematis lisan menempati tingkat 4. Sedangkan, subjek yang memiliki kemampuan komunikasi rendah dalam menyelesaikan masalah aljabar nomor 1 dan 2 memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis tingkat 3 dan kemampuan komunikasi matematis lisan menempati tingkat 3

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novitasari, Nabella Ayubillybella190@gmail.comD04212022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Matematika
Keywords: jurnal reflektif; komunikasi matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Novitasari Nabella Ayu
Date Deposited: 05 Aug 2019 02:55
Last Modified: 05 Aug 2019 02:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32955

Actions (login required)

View Item View Item