Implementasi Hadis Mendidik Anak dalam Keluarga Berpoligami: telaah Hadis Musnad Imam Ahmad Nomor Indeks 15403

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Himmah, Faiqotul (2019) Implementasi Hadis Mendidik Anak dalam Keluarga Berpoligami: telaah Hadis Musnad Imam Ahmad Nomor Indeks 15403. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faiqotul Himmah_E05215011.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini muncul berawal dari adanya fenomena tentang pendidikan anak yang berasal dari keluarga yang melakukan poligami. Poligami tidak hanya terkait dengan suami dan istri saja, tetapi juga terdapat seorang buah hati yang harus mendapat pendidikan baik dari internal maupun eksternal. Mendidik anak adalah hal yang diwajibkan dalam Islam khususnya bagi kedua orang tua. Anak merupakan amanah yang akan dimintai pertanggung jawabannya kelak di hadapan Allah swt. Orang tua merupakan sumber utama dan suri tauladan yang baik dan dijadikan contoh dalam pembentukan karakter pribadi seorang anak. Maka dari itu, pendidikan yang baik menjadi salah satu jalan dalam pembentukan pribadi seseorang. Dalam keluarga poligami maupun non-poligami harusnya tidak ada perbedaan dalam hal mendidik anak, hal ini didasarkan pada kewajiban orang tua dalam memberikan pendidikan yang layak kepada anak-anaknya tanpa membedakan antara satu sama lain.Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat kualitatif, yaitu data yang bersumber dari kepustakaan (library research) yaitu tentang mendidik anak dalam keluarga poligami yang difokuskan pada penelusuran dan pengkajian pada hadis Nabi saw, bahan kepustakaan dan literatur lainnya. rumusan masalah yang akan diteliti berkaitan dengan; 1) Bagaimana status dan ke-hujjah-an hadis Musnad Imam Ahmad Nomor Indeks 15403?, 2) Bagaimana pemaknaan hadis Mendidik Anak dalam Musnad Imam Ahmad Nomor Indeks 15403?, 3) Bagaimana Implementasi Mendidik Anak yang benar apabila dihubungkan dalam Keluarga Berpoligami?. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas hadis tentang mendidik anak yaitu H}asan Li Ghairihi, yang mana hadis tersebut tidak bertentangan dengan al-Quran maupun hadis lainnya. Sehingga hadis riwayat Musnad Imam Ahmad ini berstatus Maqbul Makmulun Bih, yaitu hadisnya dapat dijadikan hujjah dan dapat diamalkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Himmah, Faiqotulhimmah47@gmail.comE05215011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorFadlilah, Nurnurfadlilah.uinsa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Pendidikan
Poligami
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; mendidik anak; poligami;
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Himmah Faiqotul
Date Deposited: 02 Aug 2019 04:00
Last Modified: 02 Aug 2019 04:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32953

Actions (login required)

View Item View Item