Peningkatan Hasil Belajar Tematik Tema Energi dan Perubahannya Subtema Sumber Energi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Di Kelas III SDI Sabilil Falah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aji, Novan Bayu (2019) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Tema Energi dan Perubahannya Subtema Sumber Energi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Di Kelas III SDI Sabilil Falah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novan Bayu Aji (D77214041).pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDI Sabilil Falah pada pembelajaran tematik tema Energi dan Perubahannya subtema Sumber Energi pembelajaran 6. Guru sangat dominan dan aktif selama proses pembelajaran berlangsung sehingga antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran berkurang atau cenderung pasif. Akibatnya berdampak pada kondisi siswa yang mudah bosan dan lebih memilih bermain sendiri dari pada memperhatikan guru yang sedang menyampaikan materi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada proses pembelajaran tematik tema energi dan perubahan subtema sumber energi di kelas III SDI Sabilil Falah Sidoarjo? 2) Bagaimanakah peningkatkan hasil belajar tematik tema energi dan perubahan subtema sumber energi di kelas III SDI Sabilil Falah Sidoarjo? Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data penelitiian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDI Sabilil Falah Sidoarjo. Hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa: Terdapat peningkatan hasil belajar pada Siswa di kelas III SDI Sabilil Falah setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata peserta didik mata pelajaran PPKn subtema Sumber Energi pembelajaran 6 siklus I 64 dengan prosentase 40%, dan meningkat menjadi 84 dengan prosentase 80% pada siklus II. Terbukti dari nilai rata-rata rata peserta didik mata pelajaran Bahasa Indonesia subtema Sumber Energi pada siklus I 70 dengan prosentase 40%, dan meningkat menjadi 85 dengan prosentase 80% pada siklus II. Terbukti dari nilai rata-rata rata peserta didik mata pelajaran Matematika subtema Sumber Energi pada siklus I 74 dengan prosentase 40%, dan meningkat menjadi 92 dengan prosentase 100% pada siklus II. Terbukti dari nilai rata-rata rata peserta didik hasil evaluasi subtema Sumber Energi pada siklus I 77,2 dengan prosentase 40%, dan meningkat menjadi 85,92 dengan prosentase 88% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aji, Novan Bayunovan_shangar@yahoo.comD77214041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMusthofa, M. BahriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorTamwifi, IrfanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aji Novan Bayu
Date Deposited: 15 Aug 2019 08:52
Last Modified: 15 Aug 2019 08:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32948

Actions (login required)

View Item View Item