Implementasi Pengelolaan Wakaf Produktif Berupa Perkebunan Apel Tahun 2018 di Yayasan Al-Ikhlas Andonosari (Ya-Ikhsan) Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dirgantari, Rafida (2019) Implementasi Pengelolaan Wakaf Produktif Berupa Perkebunan Apel Tahun 2018 di Yayasan Al-Ikhlas Andonosari (Ya-Ikhsan) Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rafida Dirgantari_C87215028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Pengelolaan Wakaf Produktif Berupa Perkebunan Apel Tahun 2018 Di Yayasan Al-Ikhlas Andonosari (Ya-Ikhsan) Pasuruan” ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pengelolaan dan pendistribusian wakaf produktif Perkebunan apel di Yayasan Al-Ikhlas Andonosari (Ya-Ikhsan) Pasuruan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di lapangan secara langsung untuk menggali informasi yang berkaitan mengenai implementasi pengelolaan wakaf produktif dengan model Perkebunan apel. Pengumpulan data peneliti melakukan wawancara dengan informan Ketua Yayasan Al-Ikhlas Andonosari (Ya-Ikhsan), Nadhir dan Petani Penggarap Perkebunan Apel. Hasil penelitian yang diperoleh adalah implementasi pengelolaan wakaf produktif Perkebunan apel dilakukan dengan kerjasama antara Yayasan dan Petani Penggarap Perkebunan apel. Bentuk kerjasama tersebut dengan menggunakan sistem bagi hasil sebesar 30% untuk Yayasan dan 70% untuk Petani Penggarap Perkebunan apel. Bentuk kerjasama ini di nilai sangat tepat oleh Yayasan karena dengan kerjasama ini Yayasan tidak perlu bersusah paya untuk merawat sendiri wakaf Perkebunan apel tersebut. Akan tetapi hasil yang diperoleh pun sangat sedikit. Sedangkan untuk pendistribusiannya, dana wakaf disalurkan kepada dua pihak yang sudah ditunjuk oleh wakif, yaitu Masjid Al-Ikhlas dan Lembaga Pendidikan Ma’arif Al-Ikhlas Andonosari (Ya-Ikhsan). Berdasarkan dari hasil penelitian diatas, maka Yayasan Al-Ikhlas Andonosari (Ya-Ikhsan) disarankan untuk melakukan pengembangan dalam mengelola wakaf perkebunan apel agar dapat meningkatkan hasil dari wakaf produktif Perkebunan apel ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dirgantari, Rafidarafida136@gmail.comC87215028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitimusfiqohzuhroh@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Pemberdayaan
Perkebunan
Wakaf
Keywords: Pengeloaan; Wakaf Produktif
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Zakat dan Wakaf
Depositing User: Dirgantari Rafida
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:53
Last Modified: 01 Aug 2019 04:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32937

Actions (login required)

View Item View Item