Analisis Yuridis terhadap perlindungan hak-hak anak di Rumah Tahanan Klas 1 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khomariyah, Ayu Nur (2019) Analisis Yuridis terhadap perlindungan hak-hak anak di Rumah Tahanan Klas 1 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Nur Khomariyah _ C91215044.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan yang terdapat pada rumusan masalah yaitu bagaimana perlindungan hak-hak anak di Rumah Tahanan Klas 1 Surabaya dan bagaimana analisis yuridis terhadap perlindungan hak-hak anak di Rumah Tahanan Klas 1 Surabaya tersebut. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi untuk mendeskripsikan permasalahan yang ada. Kemudian data yang ada dianalisis dengan metode deskriptif dengan pola pikir deduktif yakni menggambarkan hasil penelitian secara sistematis dari hasil wawancara, dan dokumentasi kemudian peneliti memberikan pemecahan persoalan dengan teori yang bersifat umum. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Perlindungan hak-hak anak pada Rumah Tahanan Klas 1 Surabaya ini merupakan kegiatan pembinaan yang dilakukan atau dijalani oleh anak-anak yang terjerat kasus hukum. Dan dalam Rumah Tahanan Klas 1 Surabaya ini khususnya blok anak, dari pihak Rumah Tahanan itu sendiri belum sepenuhnya memberikan perlindungan hak bagi anak dalam hal pendidikan dan juga perlindungan dari diskriminasi, kekerasan dan penganiayaan terhadap anak yang telah dalam masa pembinaan tersebut dikarenakan kapasitas di Rumah Tahanan Klas 1 Surabaya sangat overload. Sedangkan dari segi yuridis, bahwa perlindungan hak anak di Rumah Tahanan Klas 1 Surabaya ini tidak sesuai dengan peraturan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak dalam pasal 9 ayat 1 bahwa anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya. Dan terdapat dalam pasal 13 ayat 1 bahwa anak selama masa pengasuhan harus mendapatkan perlindungan dari diskriminasi, kekerasan dan penganiayaan. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka disarankan bagi pihak pengelola Rumah Tahanan Klas 1 Surabaya khususnya blok anak dalam perlindungan hak anak ini hendaknya lebih memperhatikan akan hak-hak yang harus didapatkan oleh anak yang ada di Rumah Tahanan Klas 1 Surabaya tersebut. Sehingga jika sudah terpenuhinya perlindungan hak anak ini akan menjaga kesejahteraan anak. Dan untuk orangtua juga haruslah memperhatikan tentang hak anak dan juga melestarikan perlindungan hak anak. Karena kalau bukan dari pihak orangtua yang memperhatikan maka siapa lagi yang menjadi contoh dan panutan untuk anak-anak yang telah terlahir untuk menjadi penerus bangsa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khomariyah, Ayu Nurayunur940@gmail.comC91215044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMalik, Arif Jamaluddinarjamal77@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keluarga > Keluarga - Anak
Uncontrolled Keywords: Yuridis; perlindungan hak-hak anak; Rumah Tahanan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Khomariyah Ayu Nur
Date Deposited: 31 Jul 2019 07:27
Last Modified: 31 Jul 2019 07:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32936

Actions (login required)

View Item View Item