Penyaluran Zakat Produktif dalam Menigkatkan Usaha Melalui Program BISA (Bunda Mandiri Sejahtera) di Yatim Mandiri Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Sri (2019) Penyaluran Zakat Produktif dalam Menigkatkan Usaha Melalui Program BISA (Bunda Mandiri Sejahtera) di Yatim Mandiri Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sri Wahyuni_C07215012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “ Penyaluran Zakat Produktif Dalam Meningkatkan Usaha Melalui Program BISA (Bunda Mandiri Sejahtera) di Yatim Mandiri Surabaya” ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab Rumusan Masalah antaranya 1. Bagaimana Pengelolaan zakat di Lembaga yatim Mandiri? 2. Bagaimana Penyaluran Zakat Produktif dalam Meningkatkan usaha para Bunda melalui Program BISA di Yatim Mandiri Surabaya?. Untuk membahas masalah tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Dan analisa data ini menggunakan teknik deskriptif analisis merupakan teknik yang digunakan dengan cara mendiskripsikan atau memaparkan data-data yang sudah dikumpulkan kemudian di analisis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan zakat di Lembaga Yatim Mandiri Surabaya melalui aspek perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan oragnisasi yang optimal dan penyaluran zakat produktif di LAZNAS Yatim Mandiri yang diberikan kepada para bunda melalui program BISA dalam bentuk modal usaha bertujuan untuk meningkatkan usaha para bunda.. Usaha yang dijalankan para bunda dapat meningkat karena adanya bantuan dari program BISA, walau budget yang diberikan tidak begitu besar namun manfaatnya dapat dirasakan oleh para bunda. Selain itu didalam program BISA terdapat program pembinaan kerohanian yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan keagamaan para bunda. Berdasarkan dari hasil penelitian diatas, maka disarankan agar LAZNAS Yatim Mandiri Surabaya untuk meningkatkan pengontrolan terhadap usaha Bunda dan meningkatkan pinjaman modal untuk para bunda dalam Program BISA agar usaha para bunda dapat semakin berkembang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, Srisri649016@gmail.comC07215012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSaoki, Saokisauqiamin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Zakat
Amil Zakat
Uncontrolled Keywords: Lembaga Zakat; Kesejateraan Sosial
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Zakat dan Wakaf
Depositing User: Wahyuni Sri
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:41
Last Modified: 01 Aug 2019 04:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32935

Actions (login required)

View Item View Item