Peranan Zakat Produktif BAZNAS Gresik dalam mengentaskan kemiskinan Mustahiq Kelompok Ternak di Desa Wedani Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmah, Nikmatur (2019) Peranan Zakat Produktif BAZNAS Gresik dalam mengentaskan kemiskinan Mustahiq Kelompok Ternak di Desa Wedani Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nikmatur Rochmah_C87215026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Peranan Zakat Produktif Baznas Gresik Dalam Mengentaskan Kemiskinan Mustahiq Kelompok Ternak di Desa Wedani Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik” merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana sistem pengelolaan zakat produktif dalam wujud hewan ternak di Desa Wedani Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik dan bagaimana peran zakat produktif berupa hewan ternak dalam mengentaskan kemiskinan di Desa Wedani Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus pada objek.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu Mustahiq Kelompok Ternak Desa Wedani dan Amil Pendistribusian Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Gresik. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Badan Amil Zakat Nasional Gresik memberikan bantuan modal kepada para mustahiq kelompok ternak di Desa Wedani Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik dari tahun 2015 hingga sekarang, berjumlah 4 ekor kambing (1 kambing jantan dan 3 kambing betina). Bantuan hewan ternak ini diberikan kepada mustahiq selama 1 periode (2 tahun), yang dimaksud dengan 1 periode yakni setiap mustahiq diwajibkan untuk merawat hewan ternak dan dapat menjual hasil dari ternak kambing tersebut, dengan syarat pada saat akhir periode setiap mustahiq harus mampu mengembalikan modal awal hewan ternak yakni berjumlah 4 ekor kambing (1 kambing jantan dan 3 kambing betina). Terdapat pengaruh positif antara pengelolaan pendistribusian hewan ternak terhadap ekonomi para mustahiq, hal tersebut dapat dilihat dari tingkat pemenuhan kebutuhan tiap mustahiq dan mampu mencukupi dengan pendapatan dari hasil ternak yang di distribusikan oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Gresik. Diharapkan BAZNAS Gresik mampu menambah lebih banyak lagi wilayah atau obyek yang diberikan bantuan zakat ternak, sehingga semakin banyak daerah, akan dengan otomatis BAZNAS Gresik mampu mengentaskan kemiskinan yang sangat merata dan sangat maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmah, Nikmaturnikmaturrochmah250497@gmail.comC87215026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorPutranto, Hanafi Adihanafiadiputranto@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Kemiskinan
Zakat
Uncontrolled Keywords: Zakat Produktif; BAZNAS; mengentaskan kemiskinan; Mustahiq; Kelompok Ternak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Zakat dan Wakaf
Depositing User: Rochmah Nikmatur
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:46
Last Modified: 01 Aug 2019 04:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32934

Actions (login required)

View Item View Item