Strategi dan Peran Fundraiser dalam penggalangan dana Zakat Profesi di BAZNAS Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

ilmiyah, izzatul (2019) Strategi dan Peran Fundraiser dalam penggalangan dana Zakat Profesi di BAZNAS Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izzatul Ilmiyah_C87215022.pdf

Download (13MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis dengan judul “Strategi dan Peran Fundraiser Dalam Penggalangan Dana Zakat Profesi Di BAZNAS Kabupaten Sidoarjo”. Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan (field research), yang bertujuan menjawab permasalahan strategi dan peran fundraiser dalam penggalangan dana zakat profesi di BAZNAS Kabupaten Sidoarjo. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara kepada fundraiser, observasi mengenai strategi dan peran fundraiser dalam penggalangan dana zakat profesi di BAZNAS Kabupaten Sidoarjo, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses yang dilakukan seorang fundraiser yaitu mempengaruhi, memberitahukan, mengingatkan, membujuk, dan mendorong. Dari proses tersebut mulai dari mempengaruhi hingga muncul kepedulian masyarakat sangatlah baik. Semua proses dilakukan bersamaan dengan promosi-promosi yang lainnya. Pelaksanaan strategi seorang fundraiser yang digunakan dalam pengalangan dana zakat profesi di BAZNAS Kabupaten Sidoarjo antara lain dengan melakukan sosialisasi mendatangi acara seminar yang diadakan oleh pihak BAZNAS Kabupaten Sidoarjo sendiri, Kementrian Agama, Dinas Pendidikan maupun acara yang diadakan oleh lembaga-lembaga lainnya. Selain itu dengan cara mengikuti kajian atau ceramah yang diadakan di masjid-masjid. Saran untuk lembaga BAZNAS Kabupaten Sidoarjo yaitu dengan meningkatan sosialisasi dengan masyarakat dalam penghimpunan dana dan menjelaskan betapa pentingnya membayar zakat profesi, meningkatkan kerjasama yang lebih lagi dengan instansi atau lembaga agar bisa menambah jumlah muzakki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
ilmiyah, izzatulizzatulilmiyah1@gmail.comC87215022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorilmiyah, izzatulizzatulilmiyah1@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Pemasaran
Zakat
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan zakat; peran Fundraiser; BAZNAS
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ilmiyah Izzatul
Date Deposited: 01 Aug 2019 05:12
Last Modified: 01 Aug 2019 05:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32933

Actions (login required)

View Item View Item