Manajemen Pengelolaan Wakaf Uang untuk Pengembangan Pendidikan di Pusat Pengelolaan Dana Sosial (PUSPAS) Universitas Airlangga Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widiastutik, Ayu Ana (2019) Manajemen Pengelolaan Wakaf Uang untuk Pengembangan Pendidikan di Pusat Pengelolaan Dana Sosial (PUSPAS) Universitas Airlangga Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Ana Widiastutik_C97215014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Manajemen Pengelolaan Wakaf Uang Untuk Pengembangan Pendidikan Di Pusat Pengelolaan Dana Sosial Universitas Airlangga Surabaya” ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana manajemen pengelolaan wakaf uang dan problematika pengelolaan wakaf uang di Pusat Pengelolaan Dana Sosial (PUSPAS) Universitas Airlangga Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis secara sistematis. Pengumpulan dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan wawancara secara langsung kepada informan, yang meliputi ketua, sekretaris, dan koordinatur wakaf. Kedua dengan cara pengumpulan data mengenai pengelolaan wakaf uang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen pengelolaan wakaf uang untuk pengembangan pendidikan di Pusat Pengelolaan Dana Sosial Universitas Airlangga Surabaya dengan mengunakan fungsi manajemen yakni POAC (planning, organizing, actuating, controlling). Proses dimulai dari perencanaan (planning), perencanaan ini adalah mentukan program-program kerja PUSPAS dalam waktu jangka pendek dan jangka panjang, yang kedua, pengorganisasian (organizing), proses dalam tahap ini lebih kepada menetapan tugas pada masing-masing staff sesuai dengan Surat Keputusan Rekror Universitas Airlangga, yang ketiga, fungsi pelaksanaan (actuating), tahap ini lebih kepada pemimpin PUSPAS memberikan arahan kepada para staff yang ada di PUSPAS dengan mengetahui perilaku manusia dan hubungan manusia. Yang keempat, fungsi pengawasan (controling), tahap ini adalah mengontrol kegiatan yang ada di PUSPAS dengan cara melihat nilai standar PUSPAS dalam pengumpulan dana dan pengelolaannya serta melakukan perbaikan jika ada penyimpangan yang terjadi di PUSPAS. Berdasarkan dari hasil penelitian diatas, maka Pusat Pengelolaan Dana Sosial Universitas Airlangga Surabaya disarankan untuk lebih memperluas sistem pengelolaan dana dan penerimaan dana agar dana wakaf uang lebih banyak dirasakan oleh mahasiswa UNAIR.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widiastutik, Ayu Anaanawidiastutikayu@gmail.comC97215014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMusfiqoh, Sitimusfiqohzuhroh@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Wakaf
Uncontrolled Keywords: Manajemen: Wakaf; Pendidikan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Zakat dan Wakaf
Depositing User: Widiastutik Ayu Ana
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:30
Last Modified: 01 Aug 2019 04:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32930

Actions (login required)

View Item View Item