Peran Pembiayaan Baitul Maal Wa Tamwil dalam meningkatkan pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Pasar Sugio

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Miftakhul, Khoir (2019) Peran Pembiayaan Baitul Maal Wa Tamwil dalam meningkatkan pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Pasar Sugio. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftakhul Khoir_G74215079.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Peran Pembiayaan Baitul Maal Wa Tamwil Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Pasar Sugio” ini membahas tentang bagaimana peran pembiayaan BMT Mandiri Sejahtera Cabang Sugio dalam meningkatkan pendapatan UMKM atau pedagang di Pasar Sugio Lamongan. Untuk menjawab pembahasan diatas,penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Cabang, Account Office dan Teller BMT Mandiri Sejahtera Cabang Sugio dan para UMKM di Pasar Sugio serta dokumentasi laporan bulanan UMKM. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran pembiayaan di BMT Mandiri Sejahtera Cabang Sugio kepada para UMKM atau pedagang di Pasar Sugio tidak hanya memberikan tambahan dana kepada masyarakat, melainkan juga memberi binaan dalam hal keagamaan dan kewirausahaan kepada para anggotanya demi perkembangan usahanya. Sehingga diharapkan para UMKM atau pedagang pasar bisa meningkatkan dan memanejemen usahanya lebih baik berdasarkan prinsip syariah. Dengan adanya peran pembiayaan yang dilakukan oleh BMT Mandiri Sejahtera Cabang Sugio kepada para UMKM atau pedagang di Pasar Sugio berdampak pada kenaikan pendapatan usahanya sebesar 27,5% dari pendapatan bulan sebelumnya, dengan meningkatkanya pendapatan usaha mengakibatkan para UMKM atau pedagang di Pasar Sugio menjadi sejahtera.
Berdasarkan dari hasil penelitian ini diharapkan kepada BMT Mandiri Sejahtera maupun lembaga keuangan lainya agar mampu meningkatkan dan mensejahterakan masyarakat, terutama para UMKM atau pedagang yang membutuhkan dana. Sesuai dengan misinya BMT yakni, “Menjadikan BMT Mandiri Sejahtera Cabang Sugio sebagai sarana gerakan pemberdayaan dan keadilan, sehingga terwujud kualitas masyarakat disekitar BMT Mandiri Sejahtera yang salam, penuh keselamatan, kedamaian, dan kesejahteraan.” Dengan ini dapat membantu permasalahan yang dialami oleh masyarakat sekitar dalam mengembangkan usahanya terutama para UMKM atau pedagang di Pasar Sugio agar usahanya meningkat dari sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Miftakhul, Khoirmiftahulkhoir666@gmail.comG74215079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMusfiqoh, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam > Utang Piutang
Uncontrolled Keywords: Peran Pembiayaan; Meningkat Pendapatan; UMKM; Pedagang
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Khoir Miftakhul
Date Deposited: 31 Jul 2019 05:32
Last Modified: 31 Jul 2019 05:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32928

Actions (login required)

View Item View Item