Peran Laboratorium Koperasi Syariah Mahasiswa FEBI dalam pengembangan jiwa kewirausahaan anggota di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyudi, Eko Rizki (2019) Peran Laboratorium Koperasi Syariah Mahasiswa FEBI dalam pengembangan jiwa kewirausahaan anggota di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizki Eko Wahyudi_G74215172.pdf

Download (834kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Peran Laboratorium Koperasi Syariah Mahasiswa FEBI Dalam Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Anggota di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya” ini merupakan hasil dari penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah terkait dengan bagaimana peran laboratorium koperasi syariah mahasiswa dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan Anggota Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Peneliatian ini merupakan penelitian kualitatif. dimana data dihimpun dari hasil wawancara pihak Lab. Kopsyarma serta data dokumentasi Lab. Kopsyarma berupa program kegiatan, data unit usaha. Kemudian dianalisis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penenlitian ini menunjukkan Peran Lab. Kopsyarma dalam pengembangan jiwa kewirausahaan anggota di FEBI mempunyai peran pembinaan, pelatihan, tempat riset pasar, pembentukan unit bisnis, pengembangan, peningkatan kualitas serta kemampuan ekonomi anggota. Peran tersebut dapat diketahui dari beberapa hal yang sudah dilakukan yakni berupa unit usaha, fasilitas, kegiatan, kebijakan, peraturan yang diterapkan di Lab. Kopsyarma untuk para anggotanya, serta aspek fasilitas dari laboratorium wirasuha yang memuat aspek pelayanan (service), dukungan (support), pengembangan skill (skill developpment), pendanaan modal (seed capital), sinergi (synergy)beberapa hal tersebut diantaranya adalah minimarket “Al-Iqtishad”, unit simpan pinjam, seminar kewirausahaan, Up grading dan kebijakan FEBI yang berkaitan dengan pengembangan jiwa kewirasuhaan. Sejalan dengan kesimpulan tersebut penulis memberikan saran kepada pihak Lab. Kopsyarma ditingkatkannya lagi fasilitas dan program kegiatan Lab. Kopsyarma yang berkaitan dengan penegembangan jiwa kewirausahaan, terlebih terkait aspek pelatihan, pendidikan dan layanan konsultasi kewiraushaan demi meningkatkan jiwa dan minat berwirausaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyudi, Eko Rizkiwahyudirizki29@gmail.comG74215172
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMusfiqoh, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Wirausaha
Koperasi
Uncontrolled Keywords: Laboratorium Koperasi; Koperasi Syariah; kewirausahaan; Jiwa Kewirausahaan Anggota
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Wahyudi Rizki Eko
Date Deposited: 31 Jul 2019 05:20
Last Modified: 31 Jul 2019 05:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32925

Actions (login required)

View Item View Item