Pengembangan Sentra Industri Gerabah Sebagai Wisata Edukasi (Upaya Pendampingan Pada Pengrajin Gerabah Dusun Jetis Desa Ngadirejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fytania, Desy (2019) Pengembangan Sentra Industri Gerabah Sebagai Wisata Edukasi (Upaya Pendampingan Pada Pengrajin Gerabah Dusun Jetis Desa Ngadirejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Desy Fytania_B92215047.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan sentra indutri gerabah di Dusun Jetis Desa Ngadirejo ini bertujuan untuk terbebasnya pengrajin gerabah dari dominasi tengkulak, agar pola ekonomi masyarakat setempat tetap dan terus berjalan dengan baik. Adapun fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi kehidupan pengrajin gerabah di Dusun Jetis Desa Ngadirejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban?, 2) Bagaimana strategi pengembangan sentra industri gerabah di Dusun Jetis Desa Ngadirejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban?, 3) Bagaimana perubahan yang terjadi pada pengrajin gerabah setelah adanya pengembangan industri gerabah?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sosial Participatory Action Research (PAR) yang secara aktif melibatkan masyarakat dampingan sebagai subyek penelitian. Pendekatan PAR dirancang secara khusus untuk aksi perubahan dalam prosesnya. Peneliti mengajak dan membangun kesadaran pengrajin yang ada di desa untuk dapat menciptakan peluang dari kerajinan gerabah agar dapat berkembang untuk mengurangi ketergantungan hingga terbebasnya dari dominasi tengkulak. Keterlibatan komunitas dampingan secara aktif membantu menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi secara mandiri. Sehingga ketika peneliti sudah selesai dalam melaksanakan penelitiaan, maka dengan mandiri komunitas dapat menyelesaikan masalahnya sendiri. Strategi program yang digunakan adalah 1) Membentuk sanggar gerabah 2) Pengoptimalan sanggar gerabah sebagai pusat belajar 3) Membuat cetakan gerabah 4) Pelatihan memandu wisata edukasi gerabah 5) Mengadakan pelatihan packaging gerabah 6) Mengadakan pelatihan pemasaran produk gerabah 7) Inisiasi pembentukan kelompok sadar wisata pengrajin gerabah Dusun Jetis. Hasil pendampingan dapat dilihat melalui adanya perubahan pada pengrajin, diantaranya: 1) Pengrajin gerabah memahami pentingnya pengembangan industri gerabah, 2) Tebentuknya kelompok pengelola industri gerabah sebagai usaha membebaskan diri dari belenggu kekuasaan tengkulak, dan 3) Pengrajin gerabah dan pihak terkait di desa mempunyai hubungan yang baik untuk kegiatan pengembangan industri gerabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fytania, Desydesyxiiup2@gmail.comB92215047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFytania, Desydesyxiiup2@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemberdayaan
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Wirausaha
Keywords: Pendampingan;, Sentra Industri; Gerabah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fytania Desy
Date Deposited: 30 Jul 2019 03:37
Last Modified: 30 Jul 2019 03:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32903

Actions (login required)

View Item View Item