Pendampingan Kelompok Perempuan dalam mengembangkan Olahan Tahu untuk meningkatkan perekonomian di Lingkungan Mantup, Kelurahan Kramat Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Roshidah, Hanik Atur (2019) Pendampingan Kelompok Perempuan dalam mengembangkan Olahan Tahu untuk meningkatkan perekonomian di Lingkungan Mantup, Kelurahan Kramat Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanik Atur Roshidah_B92215072.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan kepada kelompok ibu-ibu PKK Lingkungan Mantup, dengan fokus pendampingan pada penguatan dan pengembangan aset yang terdapat disekitar Lingkungan Mantup. Bagaimana aset tahu berpengaruh pada kondisi ekonomi masyarakat lingkungan Mantup. Bagaimana strategi dalam memanfaatkan potensi atau aset tahu di masyarakat lingkungan Mantup. Bagaiamana relevansi antara pemberdayaan kelompok perempuan dengan dakwah pengembangan masyarakat islam. Pendampingan ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development), yakni pendampingan yang fokus pada penggalian potensi dan aset. Dengan pendekatan berbasis aset, masyarakat dapat sadar dan mengetahui aset yang dimiliki seperti aset tahu. Dalam pengembangan masyarakat potensi dan aset merupakan modal terbesar agar masyarakat mampu berkreasi dan berinovasi serta mencapai kesejahteraan yang lebih baik. Melalui proses aksi perubahan yang dilakukan dengan mengolah tahu sebagai aset menjadi makanan nugget tahu berbekal daya kemampuan dan kreatifitas ibu-ibu yang mampu merubah bahan pangan yang biasa dijual dengan harga murah menjadi makanan yang cukup mempunyai nilai jual lebih tinggi. Masyarakat mampu secara mandiri dalam berkreasi dan berinovasi. Pada proses pendampingan di masyarakat dimulai dari tahap discovery hingga tahap destiny, adapun perubahan yangg terjadi pada perekonomian masyarakat yang meningkat dengan bertambahnya skill dan kemampuan masyarakat yang produktiif dalam menciptakan sesuatu yang lain. Dalam pandangan relevansi dakwah, pada proses pendampingan masyarakat dapat memperoleh ilmu dan mengembangkan kemampuan, Islam merupakan agama sebagai sumber ilmu pengetahuan untuk kepentingan hidup masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Roshidah, Hanik Aturhanikatur95@gmail.comB92215072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhrori, SyaifulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Wirausaha
Keywords: Pemberdayaan ekonomi; ibu-ibu PKK; Asset Based Community Development; pengolahan tahu
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Roshidah Hanik Atur
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 31 Jul 2019 04:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32901

Actions (login required)

View Item View Item