Penggunaan Vaksin Measles Rubella: studi Mukhtalif Al Hadith tentang berobat dengan yang haram dalam Sunan Abî Dawud nomor indeks 3874 dan Sahih Bukhari nomor indeks 233

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Madani, Muhammad Kahfi (2019) Penggunaan Vaksin Measles Rubella: studi Mukhtalif Al Hadith tentang berobat dengan yang haram dalam Sunan Abî Dawud nomor indeks 3874 dan Sahih Bukhari nomor indeks 233. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Kahfi Madani_E95215055.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan vaksin Measless Rubella masih mendapat tanggapan pro dan kontra dalam umat Islam di Indonesia. Hal ini dilatarbelakangi oleh perbedaan pemahaman para ulama terhadap hadis yang membahas tentang berobat dengan yang haram yakni hadis yang memperbolehkannya dan hadis yang melarangnya. Oleh karenanya, penulis melakukan penelitian untuk menjawab permasalahan mengenai kualitas dan ke-hujjah-an hadis tentang berobat dengan yang haram dalam kitab Sunan Abî Dawud dan kitab Sahih Bukhari yakni antara hadis yang membolehkan berobat dengan yang haram dan hadis yang melarangnya. Penelitian ini juga membahas tentang pemaknaan dan penyelesaian kedua hadis tersebut dengan ilmu Mukhtalif al-Hadith serta implikasi dari hadis berobat dengan yang haram terhadap pengguna vaksin MR saat ini. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode penyajian secara deskriptif dan analitis. Penelitian ini menggunakan kitab Sunan Abî Dawud dan kitab Sahih Bukhari serta dibantu dengan kitab standar lainnya, kemudian dianalisa dengan menggunakan metode takhrij dan menerapkan kajian Mukhtalif al-Hadith dalam memecahkan kedua hadis tersebut. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu kualitas hadis tentang dibolehkan berobat dengan yang haram dan melarangnya adalah sahih li dhatihi. Setelah mengkaji kedua hadis tersebut dengan keilmuan Mukhtalif al-Hadith, dapat diketahui metode yang tepat adalah al-jam‘u wa al-tawfiq. Berdasarkan hasil kompromi kedua hadis tersebut, Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia membolehkan pengguna vaksin MR dengan beberapa pertimbangan dan syarat tertentu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Madani, Muhammad Kahfikahfi.madani@gmail.comE95215055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Vaksinasi
Uncontrolled Keywords: Berobat dengan yang haram; vaksin Measless Rubella; Sahih Bukhari; Sunan Abî Dawud
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Madani Muhammad Kahfi
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:16
Last Modified: 31 Jul 2019 04:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32898

Actions (login required)

View Item View Item