Analisis Maslahah terhadap pendapat kepala KUA di Kabupaten Sidoarjo tentang penghapusan Sertifikat Bimbingan Perkawinan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhalisa, Heviana (2019) Analisis Maslahah terhadap pendapat kepala KUA di Kabupaten Sidoarjo tentang penghapusan Sertifikat Bimbingan Perkawinan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Heviana Nurhalisa_C91215130.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Maslahah Terhadap Pendapat Kepala KUA di Kabupaten Sidoarjo Tentang Penghapusan Sertifikat Bimbingan Perkawinan” adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyataan bagaimana pendapat kepala KUA di Kabupaten Sidoarjo tentang penghapusan sertifikat bimbingan perkawinan dengan analisis maslahah terhadap pendapat kepala KUA diKabupaten Sidoarjo. Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan ( field research ) KUA di Kabupaten Sidoarjo dengan mengumpulkan data yang digunakan dalam penelitan ini adalah hasil wawancara dan hasil dokumentasi. Selanjutnya data yang berhasil dikumpulkan dianalisis oleh peneliti dengan analisis maslahah untuk ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa efektifitas sertifikat bimbingan perkawinan di Kabupaten Sidoarjo belum maksimal.Karena banyak masyarakat yang tidak mengikuti bimbingan perkawinan ini karena hal pekerjaan yang tidak bisa di tinggal. Ketidakmaksimalan bimbingan perkawinan inilah menjadikan sertifikat bimbingan perkawinan terhambat untuk syarat pencatatan perkawinan dengan memenuhi syarat yang telah ditetapkan dengan maslahah untuk menjauhi kemadaratan. Dengan demikian penghapusan sertifikat bimbingan perkawinan berjalan dengan semestinya. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka disarankan kepada Dirjen Bimas agar memperhatikan kemaksimalan sertifikat bimbingan perkawinan untuk syarat pencatatan perkawinan.Serta untuk menjalankan peraturan ini alangkah baiknya menyesuaikan dengan peraturan perusahaan, agar masyarakat yang bekerja di perusahaan bisa diberi kelonggaran untuk mengikuti bimbingan perkawinan ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhalisa, Hevianaichyahevhianha@gmail.comC91215130
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMuwahid, MuwahidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan
Perkawinan
Uncontrolled Keywords: Maslahah; kepala KUA; penghapusan Sertifikat; Sertifikat Bimbingan Perkawinan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Nurhalisa Heviana
Date Deposited: 30 Jul 2019 03:59
Last Modified: 30 Jul 2019 03:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32897

Actions (login required)

View Item View Item