Peran Organisasi Siswa Intra Sekolah dalam membentuk karakter kepemimpinan siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Sepuluh Nopember Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahayu, Nurul (2019) Peran Organisasi Siswa Intra Sekolah dalam membentuk karakter kepemimpinan siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Sepuluh Nopember Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Rahayu_D93215081.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul tentang Peran Organisasi Siswa Intra Sekolah dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Sepuluh Nopember Sidoarjo. Hal tersebut dilatar belakangi oleh OSIS di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo tidak hanya sebagai wadah organisasi saja bagi siswa. Melainkan wadah untuk berinteraksi dan bekerja sama antara siswa yang satu dengan lainnya. Melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan OSIS, siswa dapat membentuk karakter kepemimpinannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan OSIS di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo, mendeskripsikan upaya pembentukan karakter kepemimpinan siswa di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo, dan mendeskripsikan peran OSIS dalam membentuk karakter kepemimpinan di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Waka Kesiswaan, Pembina OSIS dan Ketua OSIS SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo sebagai informan kunci. Obyek penelitian ini adalah peran OSIS dalam membentuk karakter kepemimpinan siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) OSIS di SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo mempunyai program kerja dan kegiatan-kegiatan yang sudah ditentukan di awal tahun ajaran. Kegiatan tersebut sesuai dengan fungsi dan tujuan OSIS. Kegiatan OSIS tidak selalu berjalan sesuai dengan yang direncanakan, terkadang ada yang melenceng dan bahkan kegiatan tersebut tidak dilaksanakan. (2) Salah satu upaya membentuk karakter kepemimpinan siswa yaitu dengan cara melaksanakan kegiatan OSIS, karena didalam kegiatan tersebut semua pengurus OSIS dana anggotanya terlibat untuk mensukseskan acara tersebut, serta dengan menjadi panitia akan membentuk karakter kepemimpinan siswa. Kegiatan OSIS yang sangat berpengaruh dalam membentuk karakter kepemimpinan siswa yaitu kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa. Kegiatan tersebut mengajarkan siswa menjadi seorang pemimpin yang bertanggung jawab. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter kepemimpinan siswa yaitu kepribadian siswa, ruang lingkup/lingkungan sosial, metode atau cara pemberian ilmu kepemimpinan, dan faktor teknologi. (3) OSIS merupakan tempat membentuk karakter kepemimpinan siswa, karena dalam menjalankan setiap kegiatan OSIS, siswa secara bergantian menjadi ketua pelaksana dan koordinator-koordinator acara. Tugas OSIS disekolah yaitu sebagai motivator untuk semua peserta didik yang ada disekolah, dan juga menjadi teman untuk mereka serta jika ada informasi dari Waka Kesiswaan, pengurus OSIS yang menyampaikan ke teman-teman yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahayu, NurulNurulrahayu95@gmail.comD93215081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, MukhlishahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSholihah, Ni'matusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kepemimpinan
Keywords: Peran OSIS; membentuk karakter siswa; karakter kepemimpinan siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rahayu Nurul
Date Deposited: 05 Aug 2019 07:03
Last Modified: 05 Aug 2019 07:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32893

Actions (login required)

View Item View Item