Hadis jual beli Mulamasah dan Munabadhah: studi kritis pemikiran Orientalis Joseph Schacht: Kajian Ma‘anil Ḥadith dalam Al-Muwatta‘ No Indeks 76

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anam, Hoirul (2019) Hadis jual beli Mulamasah dan Munabadhah: studi kritis pemikiran Orientalis Joseph Schacht: Kajian Ma‘anil Ḥadith dalam Al-Muwatta‘ No Indeks 76. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hoirul Anam_E05215014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hoirul Anam. NIM E05215014. Hadis Jual Beli Mulāmasah dan Munābadhah Studi Kritis Pemikiran Orientalis Joseph Schacht (Kajian Ma‘anil Ḥadith dalam Al-Muwatta‘ No Indeks 76)
Penelitian ini membahas tentang pemikiran salah satu tokoh orientalis yang pemikirannya berbeda dengan para ulama terdahulu terutama ulama hadis, tokoh orientalis tersebut adalah Joseph Schacht. Dia menyimpulkan bahwa hadis adalah buatan ulama abad kedua. Salah satu yang dikritik oleh Joseph Schacht adalah jual beli mulāmasah dan munābadhah. Mulāmasah sendiri adalah jual beli dengan metode menyentuh tanpa melihat kualitas dan bentuk barang tersebut, munābadhah sendiri adalah jual beli dengan metode memberi barang tersebut tanpa melihat kualitas dari barang tersebut. Jual beli tersebut terjadis di masa jahiliyah. Dalam Penelitian ini diorietasikan untuk menjawab tiga pokok permasalahan, pertama kehujjahan hadis jual beli mulāmasah dan munābadhah dalam Al-Muwaṭṭa’ Imam Malik, kedua Pemikiran Joseph Schacht tentang hadis jual beli mulāmasah dan munābadhah. Ketiga Analsis Kritis Pemikiran Joseph Schacht tentang hadis jual beli mulāmasah dan munābadhah. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif yang datanya bersumber dari kepustakaan (library reaserch) dengan menggunakan metode penyajian data secara deskriptif dan analitis. Penelitian ini menggunakan kitab Al-Muwaṭṭa’ Imam Malik sebagai sumber utama dibantu dengan beberapa kitab hadis standar lainnya. Kemudian dianalisa menggunakan metode kritik sanad dan matan dan menerapkan kajian kritis terhadap pandangan Joseph Schacht. Dalam pandangan Joseph Schacht hadis jual beli mulāmasah dan munābadhah adalah buatan ulama klasik golongan Imam Malik dan sezamannya dan sanad hadis tersebut tidak benar-benar dari Nabi Muhammad saw. Joseph Schacht dalam meneliti hadis tersebut dengan menggunakan salah satu metodenya yaitu Projecting Back. Teori Projecting Back adalah menelti hadis dengan proyeksi kebelakang yaitu melihat sejarah pada abad kedau sampai rasulullah. Dari penelitian ini disimpulan pertama, hadis jual beli mulāmasah dan munābadhah dalam Al-Muwaṭṭa’ Imam Malik nomor indeks 76 berkualitas sahih, dan termasuk kategori hadis maqbub ma’mulun bih sehingga dapat dijadikan hujjah. Kedua, reinerpretasi hadis tersebut bahwasanya dalam melakukan perniaga hal yang harus diketahui adalah tidak ada kerugian antara si penjual dan pembeli. Ketiga mulāmasah dan munābadhah sendiri sudah terjadi di zaman jahiliyah kemudian nabi melarangnya karena dalam perniagaan tersebut ada salah satu yang dirugikan, jadi pendapat Schacht adalah salah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anam, Hoirulkhoirulanamfor4@gmail.comE05215014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorUmar, Atho illahdakatir@live.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Jual Beli
Pemikiran
Hadis
Uncontrolled Keywords: Joseph Schacht; mulāmasah; munābadhah; Al-Muwatta‘;
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Anam Hoirul
Date Deposited: 30 Jul 2019 03:57
Last Modified: 30 Jul 2019 03:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32882

Actions (login required)

View Item View Item