Penafsiran Qira’ah Ganda: studi komparasi antara Kitab Jami‘ al Bayan ‘an Takwil ay al-Qur’an karya Muhammad Ibn Jarir al tabari dan tafsir Mafatih al Ghaib karya Fakhr al Din al Razi dalam ayat Ahkam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'arif, Mudawi (2019) Penafsiran Qira’ah Ganda: studi komparasi antara Kitab Jami‘ al Bayan ‘an Takwil ay al-Qur’an karya Muhammad Ibn Jarir al tabari dan tafsir Mafatih al Ghaib karya Fakhr al Din al Razi dalam ayat Ahkam. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mudawi Ma'arif_F05531335.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kenyataan bahwa al-Qur’an telah diturunkan dengan aneka ragam bacaan (al-ahruf al-sab’ah). Namun, kenyataan tersebut sebatas dipahami sebagai opsi pilihan qira’ah semata. Sebaliknya peran tafsir tidak banyak disentuh. Penelitian ini ingin melihat peran tafsir atas` ragam qira’ah dalam memberikan tawaran fleksibilitas istinbat hukum. Dari latar belakang tersebut disertasi ini mengangkat tema: “Penafsiran Qira’ah Ganda: (Studi Komparasi Antara Kitab Jami‘ al-Bayan ‘an Takwil Ay al-Qur’an Karya Muhammad Ibn Jarir al-Tabari dan Mafatih al-Ghaib Karya Fakhr al-Din Al-Razi Dalam Ayat Ahkam),” Untuk itu disertasi ini menjawab permasalahan sebagai berikut, 1) Bagaimana eksistensi qira’ah ganda dalam al-Qur’an? 2) Bagaimana aplikasi penafsiran al-Tabari dan al-Razi terhadap qira’ah ganda? 3) Bagaimana implikasi qira’ah ganda pada tafsir ayat-ayat ahkam dalam kitab Jami‘ al-Bayan ‘an Takwil Ay al-Qur’an Karya Muhammad Ibn Jarir al-Tabari dan Tafsir Mafatih al-Ghaib Karya Fakhr al-Din Al-Razi? Jenis penelitian dalam disertasi ini adalah jenis penelitian kualitatif menggunakan analisis deskriptif dan analisis konten dengan pendekatan kebahasaan serta implikasi qira’ah ganda pada tafsir al-Tabari dan al-Razi. Penelitian ini didukung analisis komparatif dengan tujuan membandingkan pemikiran al-Tabari dan al-Razi terhadap qira’ah ganda pada ayat-ayat hukum dalam al-Qur’an. Hasil penelitian ini, 1) Bahwa, eksistensi qira’ah ganda memberikan peran penting terhadap penafsiran. Peran ini memberi keniscaayaan fleksibilitas dalam istinbat hukum. 2) Aplikasi tafsir al-Tabari dan tafsir al-Razi tentang qira’ah ganda memiliki karakter berbeda di dalam menyikapinya. Jika al-Tabari menggunakan metode tarjih terhadap salah satu dari qira’ah ganda, terkadang menolaknya, sebaliknya al-Razi menerima seluruh qira’ah yang ada dan dijadikan sebagai sumber istinbat hukum dalam penafsiran. 3) Qira’ah ganda yang diperselisihkan dalam penafsiran al-Razi dan al-Tabari hanya di seputar ayat-ayat hukum, terkait masalah furu’iyah, tidak terkait masalah aqidah. Karena itu, perbedaan penafsiran antara al-Tabari dan al-Razi harus disikapi sebagai fleksibelitas pilihan hukum sesuai dengan situasi dan kondisi yang dibutuhkan.Adapun Implikasi teoritis dari hasil penelitian ini antara lain: 1) Qira'ah ganda merupakan kunci tambahan untuk memahami al-Quran dan interpretasinya, 2) mengunggulkan salah satu dari pendapat dan riwayat adalah sikap yang diperbolehkan dan dapat diterima dalam Islam, selama tidak ada kaitannya dengan riwayat qira'at. (3) pentingnya membandingkan antara dua atau lebih penafsir sebelum mengambil langkah keberpihakan kita terhadap penafsiran yang dianggap lebih kuat dan akurat; (4) tidak ada yang perlu dicela atau dicacat bagi siapa pun yang salah dalam berijtihad, sebagaimana wajib mendapatkan dukungan sepenuhnya jika ia benar dalam ijtihadnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'arif, Mudawimudawimaarif@yahoo.co.idF05531335
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAswadi, Aswadiaswadi.syuhadak@gmail.com2012046001
Thesis advisorRowi, RoemUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Qira'ah
Tafsir
Divisions: Program Doktor > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ma'arif Mudawi
Date Deposited: 07 Nov 2019 07:58
Last Modified: 07 Nov 2019 07:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32872

Actions (login required)

View Item View Item