Harmonisasi Nahdlatul Ulama (NU) pada masa pendudukan Jepang tahun 1942-1945

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyaningsasi, Agistina (2019) Harmonisasi Nahdlatul Ulama (NU) pada masa pendudukan Jepang tahun 1942-1945. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agistina Cahyaningsasi_A92215063.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini berjudulHarmonisasi Nahdlatul Ulama Pada Masa Pendudukan Jepang tahun 1942-1945. Memilki tiga fokus penelitian, yaitu Bagaimana keadaan masyarakat NU pada masa pendudukan Jepang di Indonesia. Bagaimana Harmonisasi yang dibentuk antara NU dengan pemerintah Jepang. Benarkah Pemerintah Jepang di Indonesia memiliki peran untuk kemajuan NU. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah yang menggunakan pendekatan historis. Pendekatan historis digunakan peneliti bertujuan untuk menghasilkan bentuk dan proses dari peristiwa sejarah dan untuk menjelaskan Sejarah Nadlatul Ulama (NU) dan hubunganya dengan pendudukan Jepang di Indonesia. Penelitian ini juga menggunakan teori yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu teori integrasi sosial yang dikenalkan oleh Emile Dukheim yaitu integrasi sistem adalah proses penyesuaian sistem unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga menjadi satu kesatuan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah : Heuristik, Kritik, Interpretasi (penafsiran) dan Historiografis. Dari Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : (1) NU merupakan organisasi yg dibentuk untuk mempertahankan praktik keagamaan tradisional oleh para Kyai desa dan kondisi NU masa Belanda dan Jepang berbeda, lebih leluasa melakukan kegiatan agama masa pendudukan Jepang. (2) Harmonisasi NU dan Jepang terlihat dari sikap Jepang dan kebijakannya yang banyak menguntungkan NU dan umat Islam.(3) Kedatangan Jepang ke Indonesia berdampak pada kemajuan NU dan dengan kemajuan pada NU, Kyai Hasyim menjadi ketua shumubu dan sebagai dewan penasihat organisasi yang lain, para santri diberi pelatihan kemiliteran, dan para kyai tradisional memiliki kedudukan yang tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyaningsasi, Agistinaagistinacahya@gmail.comA92215063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAziz, Abdulabdulazizmedan@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Nahdlatul Ulama
Sejarah > Sejarah Islam
Uncontrolled Keywords: Harmonisasi; Nahdlatul Ulama; Organisasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Cahyaningsasi Agistina
Date Deposited: 29 Jul 2019 08:06
Last Modified: 29 Jul 2019 08:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32871

Actions (login required)

View Item View Item