Studi Hadis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Idri, Idri and Malik, Arif Jamaluddin and Nawawi, M. and Syamsudin, Syamsudin (2018) Studi Hadis. UIN Sunan Ampel Pres, Surabaya. ISBN 978-602-98859-7-2

[img] Text
Buku - Studi Hadis.pdf

Download (5MB)

Abstract

Al-hamdulillah, berkat rahmat dan karunia Allah swt., tim penulis dapat menyelesaikan penyusunan buku dengan judul Studi Hadis, sebuah buku daras yang diperuntukkan bagi mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Studi Hadis yang juga dikenal dengan Ilmu Hadis, Ilmu Mustalah al-Hadis atau Ilmu Usul al-Hadis. Salawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw., para sahabat, dan para pengikutnya yang telah berjuang menegakkan ajaran Islam dalam rangka menebar kemaslahatan bagi alam semesta. Sebagai sumber ajaran Islam kedua setelah al-Qur’an, hadis menempati posisi yang sangat urgen dalam struktur kajian keislaman. Karena itu, mempelajari hadis dan studi hadis juga penting sebagai upaya untuk mengkaji dan menelusuri hadis-hadis yang dapat dijadikan sebagai dalil dalam menyelesaikan persoalan-persoalan kehidupan umat manusia. Studi hadis, yang pada garis besarnya terbagi menjadi dua; studi hadis riwayah dan dirayah, merupakan disiplin keilmuan yang tidak hanya menjelaskan bagaimana seseorang berhadapan dengan hadis-hadis Nabi sebagai teks agama, tetapi juga bagaimana menyikapi otentisitas hadis- hadis itu secara kritis dan ilmiah sehingga kebenarannya dapat dipertanggung-jawabkan. Melalui buku ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami materi-materi studi hadis baik berkenaan dengan studi hadis riwayah dan studi hadis dirayah itu. Karenanya, penyusunan buku ini dimaksudkan untuk mempermudah mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Studi Hadis mengingat posisi mata kuliah ini di lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam baik negeri maupun swasta merupakan Mata Kuliah Dasar Umum yang harus dipelajari oleh semua mahasiswa dari berbagai jurusan ataupun program studi. Meskipun demikian, materi dalam buku ini dapat pula dikonsumsi oleh berbagai pihak yang berminat terhadap kajian Hadis dan Studi Hadis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Idri, Idriidri_idr@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Malik, Arif Jamaluddinarjamal77@gmail.comUNSPECIFIED
Nawawi, M.abuasimazz@yahoo.comUNSPECIFIED
Syamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIED., .UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Uncontrolled Keywords: Ilmu Hadis
Divisions: Karya Ilmiah > Buku Ajar
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2019 02:36
Last Modified: 21 Aug 2019 04:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32864

Actions (login required)

View Item View Item