Analisis penerapan Akad Musyārakah pada bisnis Ritel Sakinah Minimarket Surabaya: studi kemitraan dengan 212 Mart Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Malik, Rizki Azizah (2019) Analisis penerapan Akad Musyārakah pada bisnis Ritel Sakinah Minimarket Surabaya: studi kemitraan dengan 212 Mart Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizki Azizah Malik_G04215031.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://w3.uinsby.ac.id/

Abstract

Islam telah menggariskan tata cara berbisnis menurut ajarannya begitupun dengan bisnis berakad musyārakah, tata cara tersebut menjadi pedoman bagi para pebisnis yang memilih menggunakan akad musyārakah. Skripsi ini adalah hasil dari penelitian lapangan dengan judul “Analisis Penerapan Akad Musyārakah pada Bisnis Ritel Sakinah Minimarket Surabaya (Studi Kemitraan dengan 212 Mart Surabaya)”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah; Bagaimana prosedur penetapan memilih mitra pada akad musyārakah di Sakinah Minimarket Surabaya? Dan Bagaimana penerapan akad musyārakah yang ada di Sakinah Minimarket Surabaya? Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap para responden dan informan yang relevan dengan fenomena penelitian ini. Data yang dikumpulkan, selanjutnya diuji keabsahannya menggunakan teknik triangulasi dan perpanjangan waktu keikutsertaan peneliti di lapangan. Setelah data diuji keabsahannya kemudian dianalisis secara sistematis, dengan cara membandingkan antara temuan teori dengan penemuan yang ada di lapangan. Penulis akan menguji kesesuaian antara peraturan dalam kegiatan akad musyārakah dalam teori dengan penerapan akad musyārakah yang dilakukan oleh Sakinah Minimarket Surabaya. Setelah dilakukan analisis, selanjutnya ditarik kesimpulan dan memberikan saran-saran terhadap objek penelitian. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa prosedur memilih mitra akad musyārakah di Sakinah Minimarket Surabaya; 1) melakukan presentasi awal, 2) tahap survei lokasi , 3) business plan, 4) presentasi business plan, 5) MOU. Sedangkan, penerapan akad musyārakah yang ada di Sakinah Minimarket Surabaya sebagian besar telah sesuai dengan rukun dan syarat yang ada, keduanya mengucapkan ijab dan kabul, saling berkontribusi memberikan modal yang dapat diukur mengacu pada Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia NO: 08/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Pembiayaan Musyārakah , keuntungan yang dibagikan dalam bentuk prosentase masing-masing sebesar 50%. Namun, masih terdapat kekurangan pada modal yang diberikan oleh Sakinah Minimarket Surabaya masih ada yang berasal dari utang. Selain itu, kerugian disandarkan pada prosentase keuntungan bukan pada besarnya modal yang diberikan. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti memberi saran yaitu agar Sakinah Minimarket Surabaya tidak memberikan modal yang berasal dari utang, apabila terjadi kerugian didasarkan pada prosentase modal yang diberikan. Disarankan bagi Sakinah Minimarket Surabaya dengan 212 Mart Surabaya agar lebih mempromosikan produk UMKM yang dijual untuk dapat dikenal lebih luas di masyarakat, dan masyarakat tertarik untuk membelinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Malik, Rizki Azizahrizkiazizah.ra@gmail.comG04215031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorArifin, Aliaaarifin07@gmail.comUNSPECIFIED
TeacherUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bisnis
Uncontrolled Keywords: Akad Musyārakah; bisnis Ritel Sakinah; Minimarket Surabaya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Malik Rizki Azizah
Date Deposited: 29 Jul 2019 08:20
Last Modified: 29 Jul 2019 08:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32862

Actions (login required)

View Item View Item