Analisis yuridis terhadap pencatatan perkawinan tanpa didahului Rapak: studi kasus KUA Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Karina Pramesti (2019) Analisis yuridis terhadap pencatatan perkawinan tanpa didahului Rapak: studi kasus KUA Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL.

[img] Text
Karina Pramesti Putri_C91215058.pdf

Download (740kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan atau field reseach.data dikumpulkan melalui metode dokumentasi dan wawancara, kemudian diolah dan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif yaitu menjelaskan bagaimana kronologi kasus tentang perkawinan tanpa didahului Rapak, kemudian menganalisinya menggunakan Peraturan Pemerintah nomor 9 Tahun 1975 dan Peraturan Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Pencatatan Perkawinan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, kronologi bermula calon pengantin bapak Sudarminto dan ibu Mariana melakukan pendaftaran perkawinan pada hari dilaksankannya perkawinan itu juga sehingga tidak melakukan rapak sesuai dengan peraturan. Kedua, ketentuan mengenai pemeriksaan dokumen atau biasa yang disebut rapak diatur dalam Pasal 5 Peraturan Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2018 tentang pencatatan perkawinan berdasarkan hal ini perkawinan tetap sah secara hukum karena tujuan dari pemeriksaan dokumen sendiri untuk memverifikasi data calon pengantin dan wali. Menurut kepala KUA Kecamatan Jenangan, perkawinan tetap bisa dilakukan dan sah apabila persyaratan surat-surat telah terpenuhi semua. Dengan adanya pencatatan perkawinan yang tidak didahului rapak ini, maka Kantor Urusan Agama diharap mampu memberikan solusi dalam hal penanganan kasus seperti ini, tujuannya agar masyarakat tertib akan prosedur yang sudah tercantum dan untuk kemaslahatan pegawai pencatatan nikah dan calon pengantin itu sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Karina Pramestiputrikarina687@gmail.comC91215058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDarmawan, DarmawanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Perkawinan
Hukum > Hukum Perdata Islam
Nikah
Uncontrolled Keywords: Pencatatan Perkawinan; Rapak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Putri Karina Pramesti
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:38
Last Modified: 29 Jul 2019 04:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32855

Actions (login required)

View Item View Item