Analisis yuridis terhadap pertimbangan kepala KUA Kecamatan Rungkut tentang pendaftaran kehendak perkawinan di luar wilayah tempat terjadinya peristiwa akad dilaksanakan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Rizky Maulidah (2019) Analisis yuridis terhadap pertimbangan kepala KUA Kecamatan Rungkut tentang pendaftaran kehendak perkawinan di luar wilayah tempat terjadinya peristiwa akad dilaksanakan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Maulidah Khasanah_C91215079.pdf

Download (856kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan yang terdapat pada rumusan masalah yaitu bagaimana pertimbangan Kepala KUA Kecamatan Rungkut tentang pendaftaran kehendak perkawinan di luar wilayah tempat terjadinya peristiwa akad dilaksanakan dan bagaimana analisis yuridis terhadap pertimbangan Kepala KUA Kecamatan Rungkut tentang pendaftaran kehendak perkawinan di luar wilayah tempat terjadinya peristiwa akad dilaksanakan. Data penelitian dihimpun melalui wawancara, selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif, dengan pola pikir deduktif. Kemudian data dianalisis secara yuridis dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku saat ini terkait pendaftaran kehendak perkawinan diluar akad dilaksanakan. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian ini; Pertama, Kantor Urusan Agama Kecamatan Rungkut Surabaya menerima pendaftaran kehendak pernikahan yang pelaksanaannya dilakukan di luar wilayah KUA Kecamatan Rungkut dengan beberapa alasan, yaitu Petugas Pencatat Nikah mampu hadir ditempat akad akan dilaksanakan, menambah statistika data pernikahan yang akan menaikkan tipologi dari KUA Kecamatan, adanya pemakluman dari kementerian agama sekaligus tidak adanya sanksi bagi KUA Kecamatan yang menyalahi aturan tersebut, dan juga pemburuan jasa profesi bagi Pegawai Pencatat Nikah yang bertugas. Dan dengan pertimbangan tersebut diharapkan mampu mempermudah masyarakat terkait pendaftaran kehendak perkawinan. Kedua, Setelah dianalisis menggunakan asas pencatatan perkawinan yang saat ini berlaku maka Kantor Urusan Agama Kecamatan Rungkut dalam melakukan praktek pendaftaran kehendak nikah mengindahkan peraturan yang berlaku, yaitu dalam hal ini pasal 3 ayat 1 Peraturan Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2018. Berdasarkan uraian diatas diharapkan masyarakat ketika melaksanakan pendaftaran kehendak nikah di KUA supaya memperhatikan prosedur dan mengikuti aturan yang berlaku, seperti yang telah tercantum dalam PMA Nomor 19 Tahun 2018, atas dasar pertimbangan tersebut maka masyarakat (pembaca) dapat melaksanakan kehendak nikah sesuai dengan hukum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Rizky Maulidahrizkymaulidah77@gmail.comC91215079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorRiza, A. KemalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Uncontrolled Keywords: Pendaftaran Kehendak Perkawinan; PMA Nomor 19 Tahun 2018; KUA Kecamatan Rungkut
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Khasanah Rizky Maulidah
Date Deposited: 29 Jul 2019 03:07
Last Modified: 29 Jul 2019 03:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32847

Actions (login required)

View Item View Item