Penerapan model pembelajaran Simplex Basadur untuk melatih fleksibilitas siswa dalam pemecahan masalah Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa’diyah, Halimatus (2019) Penerapan model pembelajaran Simplex Basadur untuk melatih fleksibilitas siswa dalam pemecahan masalah Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Halimatus Sa'diyah_D94214077.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan sintaks dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Simplex Basadur. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Simplex Basadur, serta untuk mengetahui fleksibilitas siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Simplex Basadur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian “One Shot Case Study”. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan sintaks, aktivitas siswa, lembar angket respon siswa, dan lembar tes fleksibilitas siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan cara dikuantitatifkan dan selanjutnya disimpulkan secara deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 5 Sidoarjo semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa, dimana 16 siswa diantaranya menjadi subjek observasi aktivitas siswa. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) keterlaksanaan sintaks selama proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Simplex Basadur termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 3,35 pada pertemuan pertama dan 3,45 pada pertemuan kedua. 2) aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung tergolong aktif dengan memperoleh persentase sebesar 96,9%. 3) respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Simplex Basadur menunjukkan pada kriteria positif dengan perolehan nilai rata-rata respon pernyataan positif sebesar 81,62% dan respon pernyataan negatif sebesar 38,85%. 4) hasil fleksibilitas siswa dalam pemecahan masalah matematika setelah proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Simplex Basadur menunjukkan 10 siswa termasuk dalam tingkat fleksibilitas yang tinggi dengan persentase sebesar 34,48%, 14 siswa termasuk dalam tingkat fleksibilitas sedang dengan persentase sebesar 48,28% dan 5 siswa termasuk dalam tingkat fleksibilitas rendah dengan persentase sebesar 17,24%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa’diyah, Halimatushasa.liemz@gmail.comD94214077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Simplex basadur; fleksibilitas; pemecahan masalah Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sa'diyah Halimatus
Date Deposited: 29 Jul 2019 01:46
Last Modified: 29 Jul 2019 01:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32838

Actions (login required)

View Item View Item