Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kolaboratif dengan strategi Word Problem Roulette (WPR) untuk melatih kemampuan kolaborasi siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Azro, Devita Laela (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kolaboratif dengan strategi Word Problem Roulette (WPR) untuk melatih kemampuan kolaborasi siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devita Lela Al Azro_D94214096.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan kolaborasi merupakan salah satu orientasi dari pembelajaran matematika yang harus dimiliki siswa. Namun kemampuan kolaborasi siswa masih rendah. Hal ini diketahui dari hasil observasi di MTs Islamiyah Banat Tuban bahwa siswa cenderung tidak aktif dalam pembelajaran, menggantungkan jawaban ke teman, serta tidak ada kerjasama dalam kerja kelompok. Oleh karena itu perlu ada pembelajaran yang dapat melatihkan kemampuan kolaborasi siswa. Salah satunya dengan menerapkan model kolaboratif dengan strategi Word Problem Roulette (WPR). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri tiga fase yaitu fase pendahuluan, fase pembuatan prototype, dan fase penilaian. Uji coba terbatas dilakukan pada kelas VII-C MTs Islamiyah Banat Tuban dengan subjek penelitian sejumlah 27 siswa. Data penelitian yang diperoleh adalah data catatan lapangan, data validasi RPP dan LKS, data kemampuan guru melaksanakan sintaks pembelajaran, data aktivitas siswa, data respon siswa, serta data kemampuan kolaborasi siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh informasi sebagai berikut: 1) MTs Islamiyah Banat Tuban menerapkan pembelajaran aktif maupun langsung dengan menggunakan kurikulum 2013, serta materi penelitian yang digunakan adalah aritmatika sosial KD 4.9 pada semester II. 2) Kevalidan RPP dan LKS dinyatakan sangat valid dengan hasil RTV masing-masing sebesar 4,14 dan 4,20. 3) Kepraktisan perangkat pembelajaran dinyatakan praktis dengan nilai B untuk RPP yang berarti dapat digunakan dengan sedikit revisi, dan memperoleh nilai A untuk LKS yang berarti dapat digunakan tanpa revisi. 4) Keefektifan penerapan pembelajaran dinyatakan efektif dengan rata-rata kemampuan guru melaksanakan sintaks pembelajaran sebesar 3,83, persentase siswa yang aktif sebesar 96,1%, serta persentase respon siswa sebesar 83,92% untuk RPP dan 80,25% untuk LKS. 5) Hasil observasi kemampuan kolaborasi siswa menunjukkan dari 7 indikator diperoleh skor 2-4, dengan skor terbanyak skor 3 sebanyak 80 kali dan 4 sebanyak 41 kali. Hal ini menandakan kemampuan kolaborasi siswa dapat dimunculkan dan sering dilakukan untuk semua indikator kolaborasi yang ingin dicapai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Azro, Devita Laeladevitalaelaalazroo@yahoo.comD94214096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudi, Usmanlailiyah@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorLailiyah, Sitiasyifa3.AF@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: model kolaboratif; strategi Word Problem Roulette (WPR); kemampuan kolaborasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Al Azro Devita Laela
Date Deposited: 30 Jul 2019 03:29
Last Modified: 30 Jul 2019 03:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32836

Actions (login required)

View Item View Item