Konsep rumah sakit syariah dan implementasinya di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nikmah, Shofiatun (2019) Konsep rumah sakit syariah dan implementasinya di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofiatun Nikmah_G74215176.pdf

Download (910kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Konsep Rumah Sakit Syariah dan Implementasinya di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan” ini merupakan hasil penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana konsep rumah sakit syariah di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan, dan bagaimana implementasi prinsip-prinsip syariah di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan berdasarkan fatwa DSN-MUI No. 107/DSN-MUI/X/2016 tentang pedoman penyelenggaraan rumah sakit berdasarkan prinsip syariah Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu staff rumah sakit bagian keuangan, staff bagian bimbingan rohani, dokter, perawat, bidan, ahli gizi dan apoteker. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, konsep rumah sakit syariah di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan dengan cara menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam operasionalannya yang meliputi penggunaan akad, pelayanan, obat, makanan dan minuman serta pengelolaan dana, penerapan prinsip-prinsip syariah ini sudah dilakukan sejak lama, dan sebagai proses awal bagi Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan untuk memperoleh sertifikasi. Kedua, implementasi prinsip-prinsip syariah yang diterapkan di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan terkait empat ketentuan (akad, pelayanan, obat, makanan dan minuman serta pengelolaan dana) yang ada dalam fatwa DSN-MUI No. 107/DSN-MUI/X/2016 tentang pedoman penyelenggaraan rumah sakit berdasarkan prinsip syariah memiliki kesesuaian dengan indikator elemen penilaian pada standar sertifikasi, yang artinya menunjukkan bahwa RSML dilabelkan sebagai rumah sakit syariah yang tersertifikasi dan mengoperasionalkan rumah sakitnya berdasarkan standar rumah sakit syariah yang tersertifikasi. Dari hasil penelitian ini diharapkan Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan untuk kedepannya supaya selalu istiqomah dalam menerapkan prinsip-prinsip syariah pada operasionalannya, agar kehadiran rumah sakit syariah ini bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. staff rumah sakit dapat mematuhi standar operasional rumah sakit syariah yang berlaku dan peneliti juga berharap agar Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan menambah fasilitas ruang rawat inap yang sesuai dengan gender pasien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nikmah, Shofiatunshofi.nikmah@gmail.comG74215176
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Rumah Sakit
Keywords: Rumah Sakit Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nikmah Shofiatun
Date Deposited: 29 Jul 2019 03:33
Last Modified: 29 Jul 2019 03:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32833

Actions (login required)

View Item View Item