Kompetensi Literasi Media dalam terpaan dakwah pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adiba, Mirza Azkia Muhammad (2019) Kompetensi Literasi Media dalam terpaan dakwah pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mirza Azkia Muhammad Adiba_F02717224.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasari dengan terpaan dakwah yang ada di media masa maupun online, penggunaan media dakwah tersebut merupakan bagian penyampaian dakwah di era teknologi komunikasi. Terpaan dakwah yang terdapat di media tersebut harus juga dibarengi kompetensi literasi media yang baik, karena terpaan yang ada di media tersebut ada yang berpesan positif serta adapula yang cenderung menghasut, terlebih kemampuan literasi media oleh mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, kampus yang hampir semua mahasiswa menerima terpaan dakwah di media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Technical Skills Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya Terhadap Terpaan Dakwah di Media, bagaimana Critical Understanding Mahasiswa Terhadap Terpaan Dakwah di Media, bagaimana Kompetensi Sosial Mahasiswa Terhadap Terpaan Dakwah. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah wawancara, sementara teknik analisa data yang digunakan meliputi Reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dari penelitian ini diketahui bahwasanya mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, Technical Skills Pertama, Techninal Skills Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya adalah baik dalam meneripa terpaan dakwah di media. Kedua, Penggunaan media melalui kategori critical under standing, mahasiswa adalah cukup, karena beberapa mahasiswa masih belum bisa memahami dengan baik. Ketiga, kompetesnsi sosialnya, mahasiswa sangat baik, karena mayoritas mahasiswa mampu melakukan kompetesnsi sosial melalui media dengan melakukan komunikasi dan melakukan sebaran dakwah ke ranah luas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adiba, Mirza Azkia Muhammadyoskiadiba@gmail.comF02717224
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSalisah, Nikmah Hadiatinikmah_hs@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Literasi Media; Dakwah; Media
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Adiba Mirza Azkia Muhammad
Date Deposited: 31 Jul 2019 01:16
Last Modified: 31 Jul 2019 01:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32827

Actions (login required)

View Item View Item