Pengaruh profesionalisme guru terhadap pelaksanaan Lesson Study pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faridah, Nur Lailatul (2010) Pengaruh profesionalisme guru terhadap pelaksanaan Lesson Study pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Lamongan. Engd thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Lailatul Faridah_D31206053.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penulis mengambil judul pengaruh profesionalisme guru terhadap pelaksanaan "Lesson Study" pada mata pelajaran pendidikan agama islam di MAN Lamongan. Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran didalam kelas yang dikuasai dan dipegang oleh para guru profesional, yang terpenting adalah proses pembelajaran. Umumnya pembelajaran dilakukan dalam bentuk satu arah, guru lebih banyak ceramah dihadapan siswa sementara siswa hanya mendengarkan. Guru beranggapan tugasnya hanya mentransfer pengetahuan yang dimiliki guru kepada siswa dengan target tersampainya topik-topik yang tertulis dalam dokumen kurikulum kepada siswa untuk berkreasi dan tidak me1atih siswa untuk hidup mandiri. Pe1ajaran yang disajikan oleh guru kurang menantang siswa untuk berfikir, akibatnya siswa kurang menyukai pelajaran khususnya pada mata pelajaran agama. Untuk mengatasi itu butuhkan guru profesional untuk menyajikan proses pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan yakni dengan pelaksanaan "Lesson Study" pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Lamongan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) bagaimana profesionalisme guru di MAN Lamongna, (2) bagaimana pelaksanaan "Lesson Study" di MAN Lamongan, dan (3) adakah pengaruh profesionalisme guru terhadap pelaksanaan "Lesson Study" pada mata pelajaran pendidikan agama islam di MAN Lamongan. Penelitian dilaksanaan terhadap guru mata pelajaran yaitu guru PAI berjumlah 10 guru di MANLarnongan. Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian kuantitatif yaitu jenis penelitian korasional, adapun metode yang digunakan adalah metode observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Adapun data yang diperoleh di analisis secara deskriptif dan dianalisis dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. profesionalisme guru di MAN Lamongan adalah baik, hal ini terbukti dari basil prosentase 78,5 % 2. pelaksanaan "Lesson Study" pada mata pelajaran psendidikan agama islam di MAN Lamongan adalah baik, hal ini terbukti dari hasil prosentase 92,8 % 3. Adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara profesionalisme guru terhadap pelaksanaan "Lesson Stusy" pada mata pelajaran pendidikan agama islam, hal ini terbukti dari hasil product moment sebesar 0,687

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Engd)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faridah, Nur Lailatuldigilib@uinsby.ac.idD31206053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme guru; Lesson Study; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2019 09:08
Last Modified: 26 Jul 2019 09:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32825

Actions (login required)

View Item View Item