Model Pembelajaran Ngaji Sugih: Studi Kasus di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subair, Fitriana (2019) Model Pembelajaran Ngaji Sugih: Studi Kasus di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

[img] Text
Fitriana Subair_F12316227.pdf

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran ngaji sugih merupakan model pembelajaran yang hanya ada di pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo. Model pembelajaran ngaji sugih merupakan kajian yang dilakukan untuk meningkatkan spirit religius serta motivasi bagi santri dan masyarakat agar kaya hati dan kaya harta. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk membahas lebih dalam mengenai kosep model pembelajaran ngaji sugih. 2) Membahas lebih dalam mengenai pelaksanaan model pembelajaran ngaji sugih. 3) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pada model pembelajaran ngaji sugih di pondok pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dan pendekatannya adalah pendekatan kualitatif, yakni fenomenologis dan interaksi simbolik. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep model pembelajaran ngaji sugih merupakan konsep program pengajian sebagai bekal jama’ah dan santri untuk selalu mengingat Allah sebelum ajal menjemput, ketika suka dan duka, mengingat Allah ketika sedang berusaha dalam bekerja. Konsep awal program ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa spiritulisme dan kewirausahaan jama’ah yang mengikutinya. Perencanaan penerapan ngaji sugih dengan cara para jama’ah dan santri di berikan pemahaman terlebih dahulu langkah demi langkah memulai dan menjalankan agar selalu istiqomah dalam mengikuti ngaji sugih serta menerapkan dzikir dan salawat sehari-hari. Kemudian para jama’ah ngaji sugih diberikan fasilitas untuk ikut serta dalam mengelolah usaha yang dikelolah pesantren yakni usaha kopi. 2) Pelaksanaan model pembelajaran ngaji sugih dimulai dengan shalat dhuha berjama'ah, dan terakhir ditutup dengan do’a yang dipimpin KH. Muhammad Zakki yang di lantunkan mengandung harapan-harapan untuk kesehatan, rezeki, keselamatan, dan kehidupan barokah. 3) Faktor pendukung model pembelajaran ngaji sugih di pondok pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo yaitu terdapat bantuan dana dari infestor jama’ah ngaji sugih yang menjadi pengusaha yang ikhlas menyumbangkan sebagaian hartanya. Faktor penghambat model pembelajaran ngaji sugih yaitu tidak adanya informasi resmi seperti iklan atau bener sehingga para jama’ah sering ketinggalan informasi kapan pengajian di laksanakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subair, FitrianaFitriana476@gmail.comF12316227
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSihabuddin, SihabuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Ngaji Sugih
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subair Fitrian
Date Deposited: 30 Jul 2019 08:24
Last Modified: 30 Jul 2019 08:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32815

Actions (login required)

View Item View Item