Analisis yuridis terhadap hak Anak Berkebutuhan Khusus di Lingkungan Pondok Sosial Dinas Sosial Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismawati, Agustin (2019) Analisis yuridis terhadap hak Anak Berkebutuhan Khusus di Lingkungan Pondok Sosial Dinas Sosial Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agustin Ismawati_C91215037.pdf

Download (948kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam rumusan masalah yaitu: Bagaimana penerapan hak anak berkebutuhan khusus dalam segi pendidikan dan kesehatan di Lingkungan Pondok Sosial Dinas Sosial Surabaya ? dan Bagaimana analisis yuridis terhadap penerapan hak anak dalam segi pendidikan dan kesehatan di Lingkungan Pondok Sosial Dinas Sosial Surabaya ? Metode penelitian ini merupakan metode penelitian lapangan yang menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Data yang telah diperoleh dan terkumpulkan dianalisis menggunakan metode deskriptif dan dianalisis dengan pola pikir induktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam mewujudkan hak anak di Lingkungan Pondok Sosial Surabaya khususnya dalam penerapan pendidikan dan kesehatan masih kurang maksimal sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, bahwasanya pemerintah belum menyediakan fasilitas kesehatan berupa terapi khusus dan yang komprehensif bagi anak, dan juga belum terlaksanakannya pendidikan luar biasa bagi anak yang menyandang cacat fisik atau mental. Serta belum terpenuhinya hak-hak anak sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak dan Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Karena pada dasarnya perlindungan anak bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, dan berkembang serta berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan juga mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, demi terwujudnya anak yang berkualitas, berakhlak mulia, dan sejahtera. Sejalan dengan kesimpulan di atas, Penulis mengharapkan pihak yang berkaitan dalam mewujudkan perlindungan anak berkebutuhan khusus disarankan lebih memperhatikan upaya terapi yang dibutuhkan oleh anak berkebutuhan khusus, serta menambah kegiatan belajar bersama dalam meningkatkan pendidikan anak luar biasa sehingga dapat meningkatkan potensi anak berkebutuhan khusus tersebut serta agar terpenuhinya hak-hak anak yang sesuai dalam peraturan perundang-undangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismawati, Agustinismaagustin08@gmail.comC91215037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSam'un, Sam'unUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
OtherUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum Perdata
Pendidikan > Pendidikan Anak
Anak > Anak Penyandang Cacat
Uncontrolled Keywords: Analisis yuridis; Dinas Sosial, Liponsos
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam
Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Ismawati Agustin
Date Deposited: 29 Jul 2019 03:50
Last Modified: 29 Jul 2019 03:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32808

Actions (login required)

View Item View Item