Tumbuhan Inai dalam Sunan Ibn Majah Hadis No. Indeks 3502: Kajian Ma‘ani al-Hadith Tentang Pengobatan Tradisional Dengan Menggunakan Pendekatan Sains

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wheny, Wheny Masitho (2019) Tumbuhan Inai dalam Sunan Ibn Majah Hadis No. Indeks 3502: Kajian Ma‘ani al-Hadith Tentang Pengobatan Tradisional Dengan Menggunakan Pendekatan Sains. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wheny Masitho_E95215062.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada masalah kesehatan masyarakat lebih mengutamakan penggunaan obat kimia dibandingkan obat tradisional berbahan dari berbagai macam tumbuhan dan hewan. Sebelum ditemukannya obat-obatan kimia, Rasulullah SAW telah menggunakan obat-obatan tradisional untuk penyembuhan berbagai penyakit yang diderita dalam hahith-hadithnya. Penelitian ini menjelaskan tentang pengobatan luka yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Masyarakat menggunakan uang-uang mereka untuk melakukan pengobatan kutil, jamur kulit, dan menghilangkan bekas luka bakar. Rasulullah telah memberikan contoh dan penjelasan untuk menyembuhkan luka, yaitu dengan mengoleskan pasta daun inai (Lawsonia Inermis L). Hal inilah yang menurut penulis menarik untuk dibahas lebih lanjut dalam penelitian yang berjudul “Tumbuhan Inai Dalam Sunan Ibn Majah Hadith No. Indeks 3502 (Kajian Ma‘ani al-Hadith Tentang Pengobatan Tradisional Dengan Menggunakan Pendekatan Sains).” Penelitian ini menjelaskan bahwa tumbuhan inai memiliki kandungan zat yang dapat mempercepat proses pengeringan, pereda rasa sakit, penyembuhan sel-sel jaringan kulit yang terluka, serta terdapatnya zat antibakteri yang menghambat proses berkembangnya bakteri disekitar luka. Penelitian ini menyuguhkan h}adith-hadith Nabi SAW yang mejelaskan bahwa Rasulullah SAW telah membuktikan khasiat tumbuhan inai ketika Nabi Muh}ammad terkena luka dan duri pada kaki beliau. Pada hadith khasiat tumbuhan inai yang diriwayatkan oleh Ibn Majah menjelaskan bahwa tumbuhan inai mengandung zat yang mendinginkan rasa sakit. Sedangkan setelah dibuktikan secara ilmiah, di dalam tumbuhan inai terdapat zat flavonoid yaitu zat fenol alam yang berperang sebagai antimikroba, anti virus, sehingga luka cepat sembuh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wheny, Wheny Masithomasithowheny@gmail.comE95215062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad HadiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahan Obat
Pengobatan Tradisional
Tafsir > Tasfir Hadis
Keywords: Inai; Luka; Duri
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Masitho Wheny
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:42
Last Modified: 31 Jul 2019 04:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32803

Actions (login required)

View Item View Item