POLA ASUH DALAM PERKEMBANGAN MOTIVASI BELAJAR : STUDI KASUS PADA ANAK USIA 10-12 TAHUN

Ningsih, Astutik (2014) POLA ASUH DALAM PERKEMBANGAN MOTIVASI BELAJAR : STUDI KASUS PADA ANAK USIA 10-12 TAHUN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola asuh dalam perkembangan motivasi belajar dan manfaat pola asuh orang tua dalam perkembangan motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yakni Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini memfokuskan pada pola asuh dalam perkembangan motivasi belajar (studi kasus pada anak usia 10-12 tahun) yakni untuk mengetahui gambaran pola asuh orang tua dalam perkembangan motivasi belajar dan manfaat pola asuh orang tua dalam motivasi belajar. Dari hasil penelitian diketahui bahwa orang tua sempat menerapkan pola asuh yang berbeda dalam perkembangan subjek, awalnya orang tua menerapkan pola asuh permisif sejak kecil sampai dengan kelas III Madrasah Ibtidayah, melihat prestasi belajar subjek yang rendah pada saat subjek kelas IV, orang tua menerapkan pola asuh otoriter yang di ikuti perubahan prestasi subjek menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pola asuh otoriter tidak selalu menghasilkan dampak yang negative terhadap anak, akan tetapi hal tersebut bisa menjadi solusi yang tepat saat dibutuhkan seperti pada penelitian ini, jadi pola asuh otoriter dapat memberikan manfaat positif bagi anak usia 10-12 tahun untuk motivasi belajarnya, tergantung bagaimana orang tua menempatkan ketiga pola asuh tersebut sesuai dengan kebutuhan, kondisi dan keadaan anak itu sendiri. Dan manfaatnya adalah perkembangan motivasi belajar subjek tergolong baik, hal tersebut ditandai dengan kedisiplinan dalam diri subjek mulai tertanam, inisiatif pribadi dalam diri subjek terbentuk, motivasi belajar meningkat, pretasi subjek dikelas V meningkat dengan sangat baik, rasa menghormati dan kepatuhan terhadap orang tua dan guru mulai tumbuh.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Siti Azizah Rahayu
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh; Perkembangan Motivasi Belajar
Subjects: Metode Pembelajaran
Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Feb 2015 06:37
Last Modified: 06 Feb 2015 06:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/328

Actions (login required)

View Item View Item