Analisis maslahah terhadap manfaat program Isbat Nikah massal oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Khoirin (2019) Analisis maslahah terhadap manfaat program Isbat Nikah massal oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirin Nisa'_C91215133.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul analisis maslahah terhadap manfaat program isbat nikah massal oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kec. Gapura Kab. Sumenep. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan pada rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana manfaat program isbat nikah massal oleh MWC NU Kec. Gapura Kab. Sumenep? 2)Bagaimana analisis mas}lah}ah terhadap manfaat program isbat nikah massal oleh MWC NU Kec. Gapura Kab. Sumenep? Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik wawancara, dokumentasi dan studi pustaka yang dianalisis dengan deskriptif dengan pola pikir induktif dalam menjabarkan data tentang mas}lah}ah terhadap manfaat program isbat nikah massal. Selanjutnya data tersebut diolah dengan cara editing, coding, organizing dan kemudian dianalisis dengan menggunakan dalil-dalil yang berkaitan dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, manfaat dari program isbat nikah massal oleh MWC NU Kec. Gapura Kab. Sumenep mejadikan sebuah perkawinan berkekuatan hukum tetap, melindungi keluarga terhadap ketidakjelasan identitas, memberikan kepastian hukum terhadap hak-hak di antara suami/ isteri, melindungi keluarga apabila terjadi sengketa waris, dan yang terakhir melindungi kedua belah pihak dari terjadinya perceraian. Kedua, dilihat dari segi mas}lah}ah, isbat nikah massal ini termasuk dalam mas}lah}ah al-mursalah karena dapat dipandang baik oleh akal dan sejalan dengan tujuan syara’. Selain itu juga termasuk dalam mas}lah}ah hajiyah, karena memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia. Dan juga karena program isbat nikah massal menyangkut orang banyak maka dalam hal ini termasuk pada mas}lah}ah al-‘ammah, kemaslahatan umum harus didahulukan daripada kemaslahatan pribadi. Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis menyarankan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pernikahan di bawah tangan dan kepada Pegawai Pencatat Nikah untuk memberikan sosialisasi mengenai pentingnya perkawinan harus dicatatkan. Penulis juga menyarankan kepada Pemerintah, bisa memberikan sanksi kepada pasangan yang melakukan perkawinan di bawah tangan setelah munculnya Undang-Undang Perkawinan tahun 1974.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', KhoirinUNSPECIFIEDC91215133
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
AuthorNisa', KhoirinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Nikah
Perkawinan
Uncontrolled Keywords: Isbat Nikah Massal; Nahdlatul Ulama; Analisis Maslahah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Nisa' Khoirin
Date Deposited: 26 Jul 2019 02:15
Last Modified: 26 Jul 2019 02:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32794

Actions (login required)

View Item View Item