Analisis hukum Islam dalam praktik transaksi Utang Piutang dengan Jaminan Hak Kelola Sementara Lahan Parkir di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatoni, Achmad (2019) Analisis hukum Islam dalam praktik transaksi Utang Piutang dengan Jaminan Hak Kelola Sementara Lahan Parkir di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Fatoni_C02213002.pdf

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan di Kota Surabaya, yakni yang menjadi objek penelitian adalah sebuah praktik atau perniagaan yang dilakukan masyarakat Kota Surabaya. Yaitu praktik utang piutang dengan peralihan sementara lahan parkir dikota Surabaya. Adany a penelitian in iadalah untuk menjawab dua pokok rumusan masalah yang penulis buat, Yakni Praktik utang piutang dengan peralihan hak kelola sementara lahan parkir dan analisis hukum islam terhadap praktik transaks iutang piutang dengan peralihan hak kelola sementara lahan parkir di kota Surabaya tersebut.Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yakni tentang Analisis hukum islam terhadap praktik transaksi utang piutang dengan peralihan hak kelola sementara lahan parkir di Kota Surabaya, yang mana teori analisinya menuggunakan teori Qard .Hasil penelitian dilapagan menemukan bahwasannya praktik utang piutang denganperalihan hak kelola sementara lahan parkir ini memberikan dampak negatif bagi salah satu pihak, karena praktik ini sangat menguntungkan muqrid yang tidak ada kemungkinan untuk rugi, selain itu muqtarid terancam kehilangan penghasilannya dari lahan parkir yang dikelolakan sementara kepada muqrid sampai utang piutangnya dilunasiPenulis menyarankan agar praktik transaksi seperti ini dihindari oleh masyarakat, karena dalam praktiknya bertentangan dengan hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatoni, Achmadtoniajalah27@gmail.comC02213002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSuis, Suissuisabdullah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Ekonomi
Hukum Islam > Utang Piutang
Uncontrolled Keywords: Utang piutang; jaminan; hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Fatoni Achmad
Date Deposited: 26 Jul 2019 07:06
Last Modified: 26 Jul 2019 07:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32786

Actions (login required)

View Item View Item