Hubungan antara pelaksanaan pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Athiyah, Ummi (2009) Hubungan antara pelaksanaan pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ummi Athiyah_D31304034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang diajukan ini merupakan hasil penelitian di SMK Taman Siswa Mojokerto dengan judul "Hubungan Antara Pelaksanaan Pembelajaran Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam." Pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan suatu konsep pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata dan memotivasi siswa dalam membuat hubungan antara pengetahuan dan penerapamiya dalam kehidupan mereka sebagai anggota masyarakat. Pembelajaran kontekstual merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat menumbuhkan dan meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dan mengembangkan pola berfikir kritis. Adapun pennasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMK Taman Siswa Mojokerto? Bagaimanakah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Taman Siswa Mojokerto? 3. Bagaimanakah hubungan antara pelaksanaan pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Taman Siswa Mojokerto? Untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua, peneliti menggunakan rumus prosentase. Rumusan ketiga penelitian menggunakan analisis regresi dengan menggunakan SPSS versi 12. Sedangkan untuk pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview, angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel 40 siswa dari 400 jumlah siswa yang ada dengan cara acak (Randon Sampling) untuk tiap kelasnya. Hasil penelitian diketemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) tergolong sangat baik dengan prosentase 42,5%, dan peningkatan motivasi belajar siswa 27,5% tergolong sangat kurang balk. Sedangkan dari hasil analisis regresi menunjukkan adanya hubungan antara pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan peningkatan motivasi belajar siswa yang dibuktikan dengan rumus F reg yaitu 361,449 > F hit = 62,339 terdapat korelasi yang signifikan 0,05 maka Ha diterima. Untuk itu, dari hasil penelitian yang ada, maka bagi pihak sekolah balk SMK Taman Siswa Mojokerto maupun instansi pendidikan lain, agar lebih meningkatkan kemampuan belajar dan menumbuhkan motivasi belajar pada siswa dengan menggunakan metode yang tepat guna khususnya pada mata pelajaran PM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Athiyah, UmmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning; CTL
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:52
Last Modified: 25 Jul 2019 01:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32776

Actions (login required)

View Item View Item