Fanatisme golongan dalam perspektif Hadis: Studi Ma’ani Al-Hadith Riwayat Sunan Ibnu Majah Nomor Indeks 3949

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aslan, Hilmi bin Bakrin (2019) Fanatisme golongan dalam perspektif Hadis: Studi Ma’ani Al-Hadith Riwayat Sunan Ibnu Majah Nomor Indeks 3949. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Hilmi bin Bakrin Aslan_E05215021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Istilah fanatik golongan yaitu istilah yang digunakan untuk menyebut suatu keyakinan atau pandangan tentang sesuatu yang bersifat positif maupun negatif, yang tidak memiliki landasan teori yang dianut secara mendalam sehingga sangat sulit untuk diluruskan atau diubah. Dalam hadis ini telah disebutkan bahwa fanatik golongan adalah seseorang yang menolong suatu kaum atau golongan atas dasar kedzaliman. Dalam penelitian ini penulis akan mengangkat sebuah tema yang berjudul :Fantisme Golongan dalam Perspektif Hadis (Studi Ma’ani Al-Hadith Riwayat Sunan Ibnu Majah Nomor Indeks 3949)” dengan rumusan masalah yakni bagaimana kualitas hadis tentang Fanatisme Golongan dalam Sunan Ibnu Majah Nomor Indeks 3949. Bagaimana kehujjahan hadis tentang Fanatisme Golongan dalam Sunan Ibnu Majah Nomor Indeks 3949. Bagaimana pemaknaan hadis tentang Fanatisme Golongan dalam Sunan Ibnu Majah Nomor Indeks 3949 . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi ma’ani al hadith . dalam penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan diantaranya adalah. Kualitas sanad hadis dalam Sunan Ibnu Majah Nomor Indeks 3949 tentang Fanatisme Golongan adalah berstatus sahih lighayrih dan kualitas matan hadis berstatus sahih lidhatihi. Sedangkan kehujjahan hadis tersebut adalah maqbul ma’mulun bihi yaitu dapat diterima dan diamalkan. Maka dari itu hadis yang dibahas oleh penulis dapat dijadikan sumber hukum dalam menyelesaikan suatu masalah dalam umat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aslan, Hilmi bin Bakrinmohammadhilmy230@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Hukum
Hadis
Uncontrolled Keywords: Fanatisme; Sunan Ibnu Majah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Aslan Mohammad Hilmi bin Bakrin
Date Deposited: 25 Jul 2019 04:35
Last Modified: 25 Jul 2019 04:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32747

Actions (login required)

View Item View Item